Senin, 04 Jul 2016 14:06 WIB

Kata Psikolog Soal Anggapan Ibu Mertua dan Menantu Perempuan Sulit Akur

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Di masyarakat, ibu mertua kerap diidentikkan sulit akur dengan menantu perempuannya. Walaupun, ada pula ibu mertua dan menantu perempuan yang hubungannya amat lekat.

Hal ini bisa saja terjadi salah satunya karena perbedaan gender antara pria dan wanita, demikian disampaikan psikolog keluarga Anna Surti Ariani, MPsi, atau akrab disapa Nina. Pada prinsipnya, pria dan wanita memiliki perbedaan perilaku, harapan, dan kebutuhan.

"Kalau perempuan dia melihat sesuatu itu lebih detail, lebih memikirkan perasaan, sehingga kebutuhan afeksinya tinggi. Sementara pria cenderung kebutuhannya untuk berkompetisi sehingga bisa menunjukkan achievement," kata Nina saat berbincang dengan detikHealth.

"Mertua dan menantu afeksinya sama ke anak laki-lakinya ini, sehingga timbul semacam persaingan. Si ibu bilang ini anak saya, si mantu bilang itu suami saya," tambah Nina.

Baca juga: Mengharukan, Pasien Kanker Ini Menikah dan Ucap Janji Setia di Ranjang RS

Menurut dia, itu bisa terjadi ketika ibu mertua belum terlalu rela 'menyerahkan' anaknya kepada menantunya. Dengan kata lain, si ibu mertua tidak cukup merasa benar-benar melepaskan si anak. Ketika hal itu terjadi, menurut Nina cukup sering justru bakal timbul masalah dalam rumah tangga si anak.

Nina mengatakan, ibu mertua perlu berpikir bahwa anak sudah punya dunianya sendiri. Kemudian, si anak sudah bisa mengambil keputusannya sendiri dan memiliki tanggung jawab.

"Ibu sebagai orang tua sudah cukup kok tugasnya membesarkan si anak hingga mengantar dia ke pelaminan. Tapi bukan berarti setelah anaknya menikah ibu jadi cuek. Tetap perlu diperhatikan," tutur Nina.

Selain iitu, Istri pun tetap harus menyadari bahwa bagaimanapun sang suami adalah seorang anak yang juga punya kewajiban pada orang tuanya. Sebut saja, harus tetap menyayangi dan menghormati kedua orang tuanya.

Baca juga: 6 Alasan Kesehatan Kenapa Orang Perlu Menikah (rdn/up)