Kamis, 11 Agu 2016 12:05 WIB

Kenali, Ini Dua Jenis Ritme Sirkadian Pada Tubuh Manusia

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Ritme sirkadian yang dikenal juga sebagai jam tubuh ternyata berbeda untuk tiap orang. Pakar mengatakan ritme sirkadian terbagi menjadi dua jenis. Apa saja?

Dr Keith Wong, pakar kesehatan tidur dari The Woolcock Institute of Medical Research in Sydney, mengatakan ritme sirkadian adalah jam internal yang ada pada tubuh dan berfungsi untuk mengatur kapan seseorang tidur dan terbangun. Yang menarik, ternyata ritme sirkadian ini tidak sama untuk setiap orang.

"Ada orang yang memang tidur awal dan bangun lebih pagi. Di sisi lain, ada orang yang memang jam tidurnya larut dan bangun lebih siang," tutur Dr Wong, dikutip dari ABC Australia.

Baca juga: 5 Langkah Kontrol Insomnia Anda Tanpa Obat

Dijelaskan Dr Wong, orang yang tidur awal dan bangun lebih pagi disebut sebagai lark. Lark merupakan spesies burung kicau asli Amerika Utara dan Australia. Burung ini diketahui aktif di pagi hari hingga sore.

Sementara itu, orang yang tidur larut dan bangun lebih siang dikenal sebagai owl atau burung hantu. Penamaan ini mengacu pada spesies burung hantu yang aktif berburu di malam hari, dan tidur di siang hari.

Sebuah penelitian di jurnal BMJ menyebut sekitar 29 persen orang dewasa tergolong sebagai lark, 26 persen tergolong burung hantu dan sisanya berada di tengah-tengah. Menurut Dr Wong, tidak ada perbedaan antara kedua jenis ritme sirkadian ini bagi tubuh manusia. Dua-duanya merupakan fungsi alami yang ada di tubuh.

Yang menjadi perhatian adalah ketika dua jenis ritme sirkadian ini memengaruhi kehidupan Anda. Misalnya, Anda bekerja sebagai pegawai kantoran yang masuk pukul 9 pagi dan pulang pukul 5 sore. Pekerjaan ini tidak cocok bagi Anda yang biasa tidur larut.

Di sisi lain, mereka yang tidur lebih awal akan sulit melakukan pekerjaan yang membuatnya terjaga di malam hari. Petugas keamanan, bartender atau pekerja shift malam bukanlah jenis pekerjaan yang cocok bagi kelompok lark.

"Jika Anda mencoba tidur lebih awal dari yang sudah disetel oleh jam tubuh, kualitas tidur Anda akan berkurang. Oleh karena itu, sesuaikan jenis pekerjaan dengan ritme sirkadian Anda," tandasnya.

Jika pun tidak memungkinkan untuk mengganti pekerjaan, Dr Wong menganjurkan untuk pelan-pelan mengubah ritme sirkadian Anda. Cara mudahnya adalah memajukan atau memundurkan waktu tidur kurang lebih 15 menit tiap harinya hingga Anda terbiasa.

Baca juga: Yuk Coba, Tips dari Para Pakar Agar Lebih Mudah Tertidur Malam Ini (mrs/vit)