Kamis, 11 Agu 2016 12:31 WIB

Muncul Tren Baru, Orang Tua Biarkan Anak Melihat Proses Persalinan

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Maukah Anda sebagai orang tua membiarkan anak melihat proses persalinan adiknya? Bagi beberapa orang ide ini mungkin sesuatu yang ekstrem namun percaya atau tidak mulai banyak keluarga di dunia melakukannya.

Ambil contoh pasangan selebriti Jamie dan Jools Oliver dari London, Inggris. Pada persalinan anak kelima, dua orang anak tertua mereka yaitu Poppy Honey (14) dan Daisy Boo (12) turut hadir membantu memotong tali pusar.

Tujuan dilibatkannya anak disebut bisa memperkuat ikatan keluarga, mencegah si anak cemburu akan kehadiran bayi, dan harapannya bisa juga menyampaikan pesan positif tentang persalinan. Ada yang setuju tapi ada juga yang skeptis dengan alasan persalinan sebetulnya bukan tontonan anak-anak.

Baca juga: Sentuhan Mesra Suami Seperti Ini Bisa Bantu Redakan Nyeri Melahirkan

Psikolog anak dan keluarga Dr Mair Edwards berkomentar semua tergantung dari bagaimana persalinan itu sendiri berjalan.

"Kalau persalinan berjalan lancar dan semua sesuai rencana maka ini bisa jadi pengalaman yang bagus. Masalahnya adalah apabila persalinan tidak lancar bisa terjadi kepanikan dan membuat trauma. Beberapa ayah bahkan mengaku mereka bisa merasa trauma melihat istrinya melahirkan," kata Edwards seperti dikutip dari BBC, Kamis (11/8/2016).

Elizabeth Duff dari National Childbirth Trust (NCT), Inggris, mengatakan bila memang ingin mengajak anak melihat persalinan maka persiapannya harus matang. Beritahu apa saja yang mungkin dilihat dan didengar si anak ketika masuk ke dalam ruangan.

"Mengajak orang dewasa terpercaya lainnya seperti kakek atau nenek juga penting. Kalau anak jadi marah, mengubah pikirannya, atau tiba-tiba muncul komplikasi mereka bisa pergi dengan cepat," pungkas Elizabeth.

Baca juga: Laki-laki Juga Bisa Trauma Gara-gara Melihat Istri Melahirkan (fds/vit)