Kamis, 11 Agu 2016 15:36 WIB

3 Langkah Mudah Kontrol Ritme Sirkadian Sesuai Kebutuhan

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Ritme sirkadian merupakan jam tubuh yang mengatur kapan Anda tidur dan bangun. Tak sulit sebenarnya mengontrolnya, asal dilakukan dengan benar. Bagaimana caranya?

Dr Keith Wong, pakar kesehatan tidur dari The Woolcock Institute of Medical Research, Sydney, mengatakan kapan Anda tidur tidak memengaruhi kesehatan. Yang penting adalah berapa lama dan kualitas tidur yang didapat.

"Namun ritme sirkadian bisa menjadi masalah ketika Anda yang terbiasa bangun siang memiliki pekerjaan yang mengharuskan Anda bangun pagi. Hal ini yang biasanya menyebabkan produktivitas seseorang berkurang ketika bekerja," tutur Dr Wong, dikutip dari ABC Australia.

Baca juga: Agar Lebih Mudah Terlelap, Coba Gosok Gigi dengan Keadaan Lampu Redup

Lalu, bagaimana cara mengontrol ritme sirkadian sesuai kebutuhan? Dirangkum detikHealth, berikut langkah yang bisa dilakukan:

1. Geser waktu tidur dan bangun 15 menit

Dr Wong mengatakan cara paling ampuh untuk mengubah ritme sirkadian adalah dengan menggeser waktu tidur dan bangun selama 15 menit. Jika Anda biasa tidur pukul 12 malam, geser menjadi 11.45 keesokan harinya. Setelah beberapa hari, geser lagi menjadi 11.30. Begitu seterusnya hingga Anda bisa tidur pukul 10 malam.

"Kenapa 15 menit? Karena jam tubuh tidak bisa diubah secara mendadak. Harus ada pembiasaan sehingga tubuh tidak kaget yang membuat Anda malah merasa lelah keesokan harinya," tutur Dr Wong.

2. Usahakan kamar mendapat sinar matahari

Sinar matahari memegang peranan penting dalam mengontrol ritme sirkadian. Seperti yang kita tahu, hormon melatonin merupakan penyebab Anda merasa ngantuk. Hormon ini bisa menghilang ketika terpapar sinar matahari.

"Jika Anda ingin bangun lebih pagi, cara terbaik adalah dengan membuka jendela dan biarkan sinar matahari mengenai tubuh Anda. Hal ini membuat jam tubuh akan langsung aktif dan membuat Anda terbangun," urainya.

3. Jauhkan alat elektronik

Paparan cahaya dan suara dari alat-alat elektronik seperti tablet, smartphone hingga televisi bisa mengacaukan ritme sirkadian. Akibatnya, Anda akan tidur lebih larut dari biasanya.

Pindahkan televisi keluar kamar dan hindari menggunakan smartphone sebelum tidur agar hormon melatonin dapat bekerja secara maksimal.

Baca juga: Badan Terasa Lemas Meski Jam Tidur Cukup? Mungkin Ini Penyebabnya

(mrs/vit)