Senin, 15 Agu 2016 13:06 WIB

Bisakah Kulit Gatal-gatal karena Eksim Disembuhkan? Ini Kata Dokter

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Ilustrasi gatal (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Bagi yang mereka yang berbakat memiliki eksim, saat kambuh umumnya akan muncul rasa gatal yang sangat hebat. Bahkan tak jarang rasa gatal ini juga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Penggunaan obat misalnya berupa salep, umumnya dapat membantu mengatasi gatal akibat eksim, namun sifatnya dikatakan hanya sementara. Eksim bersifat kambuhan dan bisa sewaktu-waktu datang kembali.

Seperti disampaikan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin Edmo Clinic Jakarta Selatan, dr Eddy Karta, SpKK, bahwa penyakit eksim memang dapat diobati, namun bakat atopik atau alerginya tidak dapat dihilangkan. Ini karena hal tersebut merupakan bawaan.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik tentang Luka

"Kondisi ini dapat diperbaiki dengan pola hidup yang baik seperti menjaga kesehatan tubuh tetap stabil dengan menghindari faktor-faktor yang menurunkan imunitas tubuh, misalnya kelelahan, tidur terlalu malam atau stres," imbuh dr Eddy kepada detikHealth.

Khusus untuk eksim basah, dr Eddy menyatakan biasanya dibutuhkan terapi yang disesuaikan dengan fase eksimnya. Misalnya bisa dilakukan terapi berupa kompres serta penggunaan krim.

Selanjutnya, apabila eksim sudah sembuh dan mengering maka terapi akan dilanjutkan dengan perawatan. Salah satunya adalah dengan pemakaian pelembap dengan petroleum jelly.

Baca juga: Beri Sesuatu Beraroma Tubuh Ibu Agar Bayi Lebih Mudah Tidur, Ampuhkah?

(ajg/vit)