Rabu, 07 Sep 2016 12:04 WIB

Hati-hati, Kebanyakan Makan Lemak Bisa Ganggu Keseimbangan Hormon Wanita

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Keseimbangan metabolisme tubuh berpengaruh erat dari makanan apa yang dikonsumsi. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi lemak dan jarang makan serat, waspada keseimbangan hormon bisa terganggu.

Demikian disampaikan oleh dokter spesialis kandungan dan kebidanan RS Cipto Mangunkusumo, Dr dr Budi Wiweko, SpOG(K) atau dr Iko kepada detikHealth.

Baca juga: Rajin Cuci Muka Kok Masih Jerawatan? Bisa Jadi Kelebihan Androgen

"Makanan berpengaruh terhadap resistensi insulin. Saat ini memang makanan atau nutrisi merupakan sumber dari segala penyakit. We are what we eat, kita adalah apa yang kita makan, hati-hati," ujar dr Iko.

Menurut dr Iko, saat ini banyak jenis makanan tidak sehat yang bisa mengganggu kesehatan. Salah satunya adalah diet tinggi lemak dan rendah serat, kebiasaan makan makanan seperti ini dapat mengganggu komposisi kuman di dalam usus.

"Kalau komposisi kuman di dalam usus sudah terganggu, maka mudah terjadi gangguan hormon insulin atau resistensi insulin. Kalau sudah resistensi insulin, salah satu risiko lanjutnya hiperandrogen," imbuh dr Iko.

Hiperandrogen merupakan kondisi di mana ada kelebihan hormon androgen di tubuh. Hanya terdapat 1 persen hormon androgen bebas pada tubuh wanita. Ketika angka ini meningkat, bisa memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan lain, salah satunya gangguan haid dan jerawat.

Baca juga: Gemuk dan Punya Gangguan Hormon, Wanita Jadi Rentan Kena PCOS

(ajg/up)