Rabu, 07 Sep 2016 16:32 WIB

Pesan Dokter Bagi Anda yang Hendak Gunakan Lensa Kontak

Martha HD - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Aneka alasan orang menggunakan lensa kontak. Ingin sekadar untuk gaya saja maupun untuk menggantikan kacamata. Tapi ingat, jangan sembarangan membeli dan menggunakan lensa kontak ya. Simak dulu saran dokter berikut ini.

"Pertama yang dilakukan adalah konsultasi terlebih dahulu ke dokter. Hal ini untuk memastikan apakah mata Anda bisa atau tidak untuk menggunakan kacamata," jelas dr Tri Rahayu, SpM, FIACLE saat ditemui dalam acara seminar dan workshop 'Kiat Mengatasi Ketergantungan Anak pada Kacamata dan Gadget' di RS Jakarta Eye Center, Kedoya, Jakarta Barat, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ada Darah di Air Mata, Ternyata karena Lensa Kontak yang 'Bersarang' 2 Tahun

Menurut dr Tri, tidak semua mata bisa menggunakan lensa kontak. Mata yang tidak bisa menggunakan lensa kontak yakni mata kering, sedang mengalami radang dan mata yang sedang mengalami alergi.

"Jadi tidak semua bisa menggunakan lensa kontak. Konsultasi ke dokter juga berlaku bagi Anda yang ingin menggunakan lensa kontak hanya untuk gaya saja," kata dr Tri.

Konsultasi ke dokter juga berguna untuk mengukur bola mata sehingga bisa mengetahui lensa kontak yang sesuai dengan Anda. "Jangan lupa juga untuk tetap melakukan kontrol selama 6 bulan sekali. Itu juga untuk mencegah efek samping dari penggunaan lensa kontak," tutur dr Tri.

Baca juga: Pakai Lensa Kontak Sembarangan, Hati-hati Bakteri di Mata Makin Menumpuk

Apabila sembarang menggunakan lensa kontak, banyak risiko yang akan dihadapi. Mulai dari infeksi, mata kering, alergi, bahkan menyebabkan seseorang mengalami kebutaan.

"Pasien saya banyak sekali yang mengeluhkan infeksi kornea sesudah menggunakan kontak lensa tanpa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Biasanya mereka membeli di pusat perbelanjaan dan yang melayani bukan ahli kesehatan," tutur dr Tri.

(vit/vit)