Minggu, 18 Sep 2016 13:25 WIB

Kesalahan Kecil Ini Bisa Sebabkan Nyeri Punggung Saat Bangun Tidur

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Pernah merasakan punggung kaku ataupun nyeri saat bangun tidur? Nah, kira-kira apa ya penyebab ketidaknyamanan ini? Apalagi jika kekakuan itu menetap hingga siang atau sore hari. Duh, menyiksa sekali.

Nyeri punggung merupakan nyeri atau kekakuan yang dapat dirasakan di sepanjang tulang belakang. Kondisi ini tidak bisa diabaikan lantaran bisa mengganggu aktivitas seseorang. Ternyata nyeri punggung saat bangun tidur bisa dipicu hal yang sangat sepele lho. Apa itu?

"Posisi bangun dari tidur yang tidak tepat seperti langsung berdiri bisa menyebabkan nyeri atau kaku pada tulang belakang," jelas dr Peni Kusumastuti, SpKFR dari RS Premier Bintaro dalam acara Allianz-RS Premier Bintaro Health Talkshow 'Tulang Belakang Sehat, Produktifitas Meningkat' di RS Premier Bintaro, Tangerang, Sabtu (17/9/2016).

Baca juga: Nyeri Jadi Makin Memburuk Ketika Musim Hujan, Mungkin Ini Alasannya

Untuk menghindari nyeri punggung saat bangun tidur, dr Peni menyarankan saat bangun tidur dari posisi telentang, sebaiknya miringkan badan ke kanan atau kiri terlebih dahulu. Lalu angkat badan secara perlahan.

Ia juga mengingatkan ketika bangun dari tidur pastikan tulang belakang tetap lurus. Jika tidak lurus, maka diskus atau bantalan pada tulang belakang bisa terasa terbebani.

"80 Persen dalam kehidupan seseorang pasti akan mengalami nyeri pada punggungnya, minimal satu kali," imbuh dr Peni.

Baca juga: 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Memicu Nyeri Leher


(vit/vit)
News Feed