Jumat, 23 Sep 2016 09:00 WIB

Lawan Penyakit Jantung Koroner dengan Terapi Infus, Apakah Efektif?

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Terapi alternatif pemberian ramuan cairan infus yang umum disebut terapi khelasi diklaim dapat membantu kondisi penyakit jantung dengan membersihkan penumpukan plak pembuluh darah. Ramuan cairan disebut perlahan-lahan mengikis plak dengan aman sehingga pasien tidak perlu menjalani operasi bypass atau pemasangan stent.

Apakah hal tersebut efektif? Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Dr dr Ismoyo Sunu, SpJP(K), FIHA, FasCC, menjelaskan bahwa nyatanya terapi sama sekali belum terbukti.

Baca juga: Kadar Kolesterol Normal, Mengapa Bisa Kena Serangan Jantung?

"Hoax ya. Salah satu pengobatan untuk serangan jantung memang ada pemberian cairan pengencer tapi itu kalau jauh dari fasilitas pemasangan ring atau balon dan kurang dari tiga jam," kata dr Ismoyo pada temu media Hari Jantung Sedunia di kantor Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Jakarta, Kamis (22/9/2016).

"Bekuan darah yang menutup saluran secara total itu dihancurkan oleh cairan yang kalau tidak hati-hati bisa menimbulkan pendarahan. Jadi bekuan darah yang dihancurkan bukan penyempitan kerak keras yang di dalamnya ada bermacam-macam campuran termasuk lemak, otot, dan kemudian kalsium," lanjutnya.

Untuk menggambarkan bagaimana kerasnya plak, dr Ismoyo mengatakan pada pemasangan stent misalnya diperlukan alat semacam balon terlebih dahulu untuk menekan penumpukan sebelum stent bisa dipasang. Kekuatan balon tersebut bila dibandingkan seperti ban mobil.

"Kalau Anda bayangkan balon itu kekuatannya kaya ban mobil, keras sekali, baru bisa dipasang ring. Sampai sekarang belum ada yang bisa kemudian plak keras tadi disedot keluar apalagi dikasih cairan," kata dr Ismoyo.

Menurutnya bila andai memang terapi infus bisa mengikis lapisan plak, maka kemampuan korosif tersebut malah berbahaya bisa merusak pembuluh darah normal yang ada.

Baca juga: Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jantung

(fds/vit)