Kamis, 29 Sep 2016 16:01 WIB

Hari Jantung Sedunia

5 Faktor Risiko Penyakit Jantung yang Sering Tidak Disadari

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Kegemukan, faktor genetik dan gaya hidup tak sehat merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Padahal menurut pakar, faktor risiko penyakit jantung tidak hanya itu.

"Penyakit jantung itu multifaktorial, jadi faktor risiko dan penyebabnya tidak hanya satu. Bisa ada beberapa, bahkan ada yang tersembunyi," tutur dr BRM Ario Soeryo Kuncoro, SpJP(K) FIHA dari Perhimpunan Dokter Spesiaslis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), baru-baru ini.

Lalu, apa saja faktor risiko penyakit jantung selain kegemukan, faktor genetik dan gaya hidup tak sehat? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 di antaranya:

Baca juga: Infografis: Fakta-fakta yang Wajib Diketahui Tentang Penyakit Jantung

1. Kesehatan gigi dan mulut buruk

Kesehatan gigi dan mulut yang buruk dihubngkan dengan meningkatnya risiko serangan jantung. Penelitian menyebut mereka yang memiliki gigi yang rusak lebih rentan mengalami serangan jantung.

2. Polusi udara

Beragam studi sudah membuktikan bahwa polusi udara meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Partikel-partikel debu dari polusi udara dapat masuk dan menyumbat pembuluh darah.

3. Polusi suara

Sebuah penelitian dari Amerika Serikat menyebut tinggal dekat tempat yang bising atau sering terpapar polusi suara berisiko meningkatkan risiko stroke.

4. Kurang tidur

Kurang tidur akibat sleep apnea dapat meningkatkan tekanan darah, yang jika terjadi terus menerus menyebabkan seseorang mengalami hipertensi, dan berisiko terserang stroke dan gagal jantung.

5. Stres dan depresi

Stres dan depresi kronis disebut-sebut berpengaruh terhadap risiko mengalami serangan jantung. Stres yang terjadi terus menerus dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit dan tersumbat.

Baca juga: Pakar: Obesitas Bikin Malas Gerak, Malas Gerak Bikin Obesitas

(mrs/vit)
News Feed