Jumat, 30 Sep 2016 07:11 WIB

Ini Keuntungan Punya Pipi Chubby Seperti Gita Gutawa

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta - Ada orang yang meski tidak gemuk namun memiliki pipi yang chubby. Misalnya saja penyanyi Gita Gutawa. Tapi di balik pipi chubby ada keuntungannya lho.

Banyak orang yang tidak percaya diri lantaran punya pipi chubby alias tembam. Ini karena membuat yang bersangkutan jadi terlihat bulat dan lebih gemuk. Tapi lemak di pipi dapat mencegah datangnya keriput, sehingga membuat wajah tampak lebih muda.

Kesimpulan itu berdasar studi yang telah dipublikasikan pada jurnal Plastic and Reconstructive Surgery. Meski begitu, jangan pula sengaja menambah berat badan sampai berlebihan demi awet muda ya.

Orang dengan pipi chubby juga mengingatkan pada wajah anak-anak. Ini juga yang kemungkinan membuat si pipi tembam seringkali tampak lebih muda dari usia sebenarnya. Sering pula seseorang berpipi chubby membuat orang di sekitarnya merasa gemas dan sayang, seperti 'memperlakukan' bayi.

Baca juga: Gemas Ingin Cubit Saat Lihat Bayi Lucu? Ini Alasannya

Bayi sendiri memiliki ciri khas wajah seperti dahi menonjol, kepala besar, wajah bulat, mata besar, dan hidung serta mulut yang kecil. Sebagai makhluk hidup, manusia telah berevolusi untuk tertarik pada ciri khas tersebut dan menganggapnya lucu atau menggemaskan. Sehingga ada kecenderungan menyukai wajah kekanak-kanakan.

Penelitian yang dilakukan peneliti dari Universitas Charles, Republik Ceko, juga pernah menyebut keuntungan memiliki pipi tembam sehingga membuat wajah tampak bulat. Kata peneliti, pria berwajah bulat dengan mulut dan dagu yang lebar dinilai lebih dapat dipercaya daripada pria berwajah tirus. Namun menurut peneliti pada perempuan, fitur wajah seperti ini tidak memiliki efek seperti yang ditemukan pada pria.

Terkait pipi tembam meski berat badan ideal, menurut Leona Victoria Djajadi MND, pengasuh konsultasi gizi di detikHealth, penumpukan lemak di bagian tubuh tertentu, seperti pipi bisa jadi dikarenakan faktor genetik yang tak bisa dihindari. Untuk pipi, bagian tubuh yang sulit diolahragakan, jika ingin menghilangkan lemaknya bisa dilakukan dengan menurunkan lemak total di dalam tubuh.

"Be grateful and be happy dengan keadaan kita, be comfortable with yourself," pesan Victoria untuk mereka yang berpipi chubby namun berat badannya ideal.

Baca juga: Bayi Hilang Imutnya Setelah Berumur 4,5 Tahun (vit/vit)