Kamis, 13 Okt 2016 17:30 WIB

Pelukan 20 Detik, Tips Jitu dari Ridwan Kamil untuk Hilangkan Stres

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - Walikota Bandung Ridwan Kamil punya cara unik untuk meredakan stres yang muncul akibat mengurus kota Bandung. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini menggunakan pelukan sebagai sarana pelepas stres.

"Nah ini tipsnya, namanya pelukan 20 detik. Jadi kalau pelukan jangan sebentar, tapi ditahan agak lama," tutur Kang Emil di markas detikHealth, Kamis (13/10/2016).

Dijelaskan Kang Emil, pemilihan durasi 20 detik ada alasan ilmiahnya. Ia mengatakan sebuah penelitian sudah membuktikan pelukan yang dilakukan selama lebih dari 15 detik mampu melepaskan hormon oksitosin.

Baca juga: Ini Dia 4 Manfaat Sehat Berpelukan dengan Pasangan

Hormon oksitosin merupakan hormon yang dikenal juga sebagai hormon cinta atau hormon kebahagiaan. Hormon ini berfungsi untuk mengurangi jumlah kortisol atau hormon stres yang ada di dalam tubuh.

Kang Emil percaya tips utama untuk menjaga kesehatan fisik adalah dengan menjaga kesehatan pikiran. Dengan pikiran yang sehat, maka otak serta tubuh akan mampu bekerja lebih optimal.

"Tapi ingat ya, yang dipeluk harus yang halal, suami peluk istri dan anaknya, jangan yang lain," tuturnya sembari tertawa.

Baca juga: Jangan Bengong, Tips Ridwan Kamil Sukses Berhenti Merokok (mrs/up)