Senin, 31 Okt 2016 17:28 WIB

Manfaat Memilih Air Putih Sebagai Asupan Setelah Makan

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Dari sekian banyak jenis minuman yang bisa dipilih untuk dikonsumsi setelah makan, air putih menjadi pilihan yang paling dianjurkan. Hal ini tentu bukan tanpa alasan.

Menurut konsultan saluran cerna di RS Cipto Mangunkusumo, DR Dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, FINASIM, FACP, MMB, memang sebaiknya setelah makan dianjurkan untuk mengonsumsi air putih terlebih dahulu, dibandingkan minuman lainnya.

"Sebab tujuan dari air putih sendiri kan untuk membersihkan rongga mulut dan kerongkongan, serta mendorong sisa makanan supaya masuk ke dalam mulut," tutur dr Ari kepada detikHealth baru-baru ini.

Baca juga: Minum Air Dingin Setelah Makan Bisa Menyebabkan Kanker? Ini Kata Dokter

Lantas bagaimana dengan mereka yang lebih memilih untuk meminum minuman lain seperti susu atau jus buah? dr Ari menyebutkan bahwa untuk tujuan mendorong makanan, air putih tetap lebih optimal dibandingkan susu atau jus. Minuman jenis ini lebih sulit mendorong makanan karena masih ada kandungan makanannya.

"Selain itu dalam susu atau jus ada unsur karbohidrat yang tetap harus kita perhitungkan sebagai komponen kalori," imbuhnya.

Tak cuma berfungsi untuk mendorong makanan, konsumsi air putih setelah makan juga bermanfaat bagi kesehatan mulut dan gigi. Disampaikan Prof drg Heriandi Sutadi SpKGA (K), PhD, makanan yang tersisa di gigi setelah makan dapat menjadi asam dan berkembang bersama bakteri. Jika dibiarkan, maka asam yang tersisa dan berkembang bersama bakteri dapat mengakibatkan berbagai masalah pada gigi.

Disampaikan drg Heriandi, makanan yang tersisa di gigi setelah makan dapat menjadi asam dan berkembang bersama bakteri. Jika dibiarkan, maka asam yang tersisa dan berkembang bersama bakteri dapat mengakibatkan berbagai masalah pada gigi.

Baca juga: Aneka Efek yang Dirasakan Setelah Minum Kopi (ajg/vit)