Selasa, 22 Nov 2016 14:39 WIB

Punya Riwayat Keluarga dengan Kanker, Akankah Berisiko Kena Kanker Juga?

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Salah satu faktor risiko penyakit kanker adalah faktor genetik. Nah, seseorang dengan riwayat kanker di keluarganya dikatakan memiliki risiko lebih besar pula untuk terkena kanker yang sama. Benarkah demikian?

Menurut dr Doddy Permadi Aryawan, SpOk, dokter spesialis okupasi dari Graha Medika, gen kanker merupakan tumor ganas dan sel dari gen kanker tersebut dikatakan bisa melakukan manifestasi menjadi gen kanker dengan jenis yang lain.

"Misalnya orang tua punya riwayat kanker paru-paru, anak nggak pasti kena kanker paru-paru juga. Malah anak bisa saja kena kanker payudara atau jenis kanker yang lain," tutur pria yang akrab disapa Dok Bro ini.

Baca juga: Kebiasaan-kebiasaan Ini Bisa Bantu Pangkas Risiko Kanker Payudara

Hal tersebut dikatakannya dalam acara Talkshow Garda Medika 'Octobreast Deteksi Dini untuk Proteksi Terbaik' di Gedung Aldevco Octagon, Jl Warung Jati, Jakarta Selatan, baru-baru ini. dr Doddy pun juga mengingatkan bagi seseorang yang memiliki riwayat kanker untuk lebih waspada terhadap kesehatan seperti menjalankan gaya hidup sehat.

Sementara dikutip dari News Max Health, risiko kanker dapat dipangkas dengan menerapkan pola hidup sehat, misalnya seperti rutin melakukan medical check up dan berhenti merokok.

"Medical check up dan tes skrining kanker penting dilakukan secara rutin. Ini karena jika memang ditemukan tanda-tanda kanker pada tahap awal, maka pengobatan pun bisa dilakukan sedini mungkin dan menjadi jauh lebih efektif," tutur Dr John Daly, dari Fox Chase Cancer Center.

Baca juga: Mengintip Cara Kerja Cryosurgery untuk Membunuh Kanker

(ajg/ajg)