Kamis, 01 Des 2016 12:37 WIB

Lucu dan Menggemaskan! Ekspresi Bayi Saat Coba Makan Brokoli

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Youtube
Jakarta - Jangankan bayi yang baru dikenalkan MPASI, anak-anak bahkan orang dewasa saja ada yang tak suka makan sayur. Tak pelak, ketika mereka mengonsumsinya, ekspresi tak suka pun ditunjukkannya.

Nah, itulah yang dialami bayi perempuan bernama Hazel. Dalam sebuah klip di Youtube yang diunggah di saluran sang ayah, Rob Hemmerle, tampak jelas bagaimana Hazel bereaksi ketika disuapi puree brokoli.

Dalam video berdurasi 13 detik itu, tampak bayi Hazel yang berbaju ungu mengenakan bib (alas makan bayi) berwarna merah muda. Ia duduk di kursi makan bayi. Awalnya, Hazel tampak semangat ketika ia akan disuapi puree brokoli.

Tapi apa yang terjadi? Setelah mengecap puree brokoli, Hazel mengernyitkan dahinya, jelas menunjukkan ia tak begitu suka dengan rasa makanan yang baru dilahapnya. Kemudian, tangan kanan Hazel menyentuh dahinya dan disusul tangan kirinya.

Alhasil, Hazel memegang kepalanya dengan dua tangan, persis seperti orang yang putus asa. Sang ibu dan ayahnya yang merekam reaksi Hazel tampak tertawa.

Lucu dan Menggemaskan! Ekspresi Bayi Saat Coba Makan BrokoliFoto: Youtube


"Oh, oh. Ya Tuhan," ujar Rob sembari tertawa. Sejak diunggah pada 17 November lalu, video ini sudah dilihat lebih dari 380 ribu kali dan lebih dari 500 orang menyukainya.

Mayoritas netizen yang mengomentari video itu mengatakan bahwa ekspresi natural Hazel amat lucu. Bahkan, beberapa orang mengaku 'senasib' dengan Hazel. Ya, mereka juga tak suka brokoli.

"Saya lebih tua dari Hazel tapi saya tetap bereaksi seperti dia ketika saya makan sayur yang menyehatkan tapi rasanya mengerikan, brokoli," tulis akun King Without A Crown.

Baca juga: Anak Doyan Makan Buah dan Sayur Bisa Dididik Sejak MPASI, Bagaimana Triknya?

Sementara, Violet Bicanic mengatakan itulah yang ia rasakan ketika makan brokoli pertama kali. Dan saat ini ketika usianya menginjak 20 tahun, ia masih merasakan hal tersebut.

Bagi anak-anak, sayuran seperti brokoli bisa dikenalkan ketika mereka sudah mulai mengonsumsi Makanan Pendamping ASI (MPASI). Bahkan, brokoli yang dikukus kemudian didinginkan di kulkas bisa menjadi finger food bagi bayi yang baru tumbuh gigi.

Dikutip dari Healthy Eating, satu kuncup brokoli dari bonggol besar brokoli yang bisa diolah menjadi seperempat cup puree mengandung 13 kalori dan 0 gram lemak. Kemudian, terkandung pula 0,88 gram protein, 1,2 gram serat, 15 mg kalsium dan 0,25 mg zat besi. Tak hanya itu, dalam seperempat cup puree brokoli juga terdapat 24 mg vitamin C.

Potasium, magnesium, serta vitamin A dan K juga terkandung dalam brokoli. Namun, jangan terlalu banyak pula memberi brokoli karena bisa membuat pencernaan anak tidak nyaman. Disarankan, jadikan brokoli bahan campuran puree yang dipadu dengan ayam, daging, atau sayuran lain supaya anak mendapat makanan dengan gizi lengkap dan seimbang.

Baca juga: Masuk Usia 1 Tahun, Anak Sudah Boleh Diberi Sayur Bening?


(rdn/vit)