ADVERTISEMENT

Jumat, 16 Des 2016 14:12 WIB

Kisah Bayi Malnutrisi yang Kini Lucu dan Menggemaskan Setelah Diadopsi

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Facebook/ Saving Baby Ryan
Tennessee - Priscilla Morse sudah memiliki dua anak kandung dan seorang anak angkat. Saat itu, ia merasa keluarganya sudah lengkap. Hingga suatu hari Priscilla melihat sosok bocah yang mengalami malnutrisi dan hatinya pun tergerak.

Hal itu bermula ketika Priscilla melihat informasi di Facebook bahwa ada anak yatim piatu berusia 6 tahun di Bulgaria. Dalam fotonya kala itu, si anak yang akhirnya diberi nama Ryan itu mengalami kekurangan gizi.

"Saya hanya melihat dia dan hati saya berkata ya inilah anak kami," kata Priscilla kepada Today Parent.

Sebelumnya, Priscilla sudah mengadopsi gadis cilik bernama McKenzie yang kini berusia 7 tahun. Diketahui, McKenzie terlahir dengan down syndrome dan gangguan jantung.

Setelah berdiskusi dengan keluarganya, Priscilla mulai mengurus proses administrasi adopsi Ryan di tahun 2014. Saat itu, menurut Priscilla kondisi Ryan amat memprihatinkan. Tubuhnya bak tengkorak saja, amat tidak sesuai dengan usianya.

Selain mengalami malnutrisi, kondisi lain juga dialami Ryan yakni cerebral palsy, skoliosis, clubfoot (kelainan bawaan yang membuat kaki berbentuk tidak normal), serta mikrosefali yang memengaruhi ukuran otak dan kepalanya.

Sebelum membawanya ke AS, Priscilla butuh waktu sampai tiga kali mengunjungi Ryan di negara asalnya. Sekarang, setelah dua tahun tinggal bersama keluarga barunya kondisi Ryan mulai stabil, berat badannya juga sudah naik. Walaupun, di awal Ryan harus makan melalui tabung khusus.

Baca juga: Cerita 2 Anak Angkat yang Jadi Viral di Tengah 'Hiruk Pikuk' Pilpres AS

"Dokter juga terus memantau kondisi Ryan. Saat ini dia sedang menjalani terapi untuk kakinya. Bahkan Ryan sudah mulai belajar berkomunikasi," kata Priscilla.

Memiliki dua anak angkat dengan kondisi tak biasa, Priscilla mengatakan ia bisa mengajari kedua anaknya, Dylan (14) dan Jack (7) untuk menyayangi sesama dan peduli pada orang lain terutama mereka yang memiliki kebutuhan khusus.

Perjalanan mengadopsi Ryan dituangkan Priscilla dalam halaman Facebook 'Saving Baby Ryan'. Di halaman Facebook itu Priscilla rajin membagikan foto-foto yang menunjukkan perkembangan Ryan dari hari ke hari.

"Saya hanya ingin meningkatkan rasa peduli orang-orang terutama para orang tua yang ingin mengadopsi anak. Anak dengan kebutuhan khusus dan kondisi tak biasa sulit menyuarakan apa yang mereka alami. Sehingga, kepekaan dari kita amat diperlukan," kata Priscilla.

Ditengok di halaman Facebook Saving Baby Ryan, tampak jelas Ryan yang dulunya bertubuh kecil seperti hanya tinggal tulang belulang, kini sudah berubah menjadi anak yang lucu dan menggemaskan, dengan pipi gembilnya.

Baca juga: Galang Dana untuk Down Syndrome, Ibu Ini Akan Ganti Kaus 26 Kali Saat Maraton (rdn/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT