Sabtu, 31 Des 2016 09:03 WIB

Sedang Stres? Coba Redakan dengan Berbicara pada Teman

Suherni Sulaeman - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Semakin dewasa seseorang semakin banyak pula masalah yang dihadapi. Penuh dengan tekanan hidup dan tuntutan pekerjaan, hal inilah yang akhirnya membuat seseorang jadi gampang stres.

dr Andri, SpKJ, FAPM, dari Klinik Psikosomatik RS Omni Alam Sutera mengatakan seseorang yang mengalami stres dalam kehidupan sehari-hari adalah suatu kewajaran. Terkadang mungkin tidak mampu menghadapi masalah hidup, namun patut disyukuri karena tiap orang memiliki mekanisme adaptasi di dalam tubuhnya. "Mekanisme adaptasi ini terkadang berfungsi sangat baik sehingga mampu segera mengatasi masalah," kata dr Andri kepada detikHealth.

Baca juga: Tips Hindari Stres Dari Psikiater

Meski sangat mengganggu sebaiknya jangan biarkan masalah berlarut-larut, lebih lanjut dr Andri mengatakan, ketika mekanisme adaptasi tidak berjalan baik, ini justru akan membuat masalah semakin terasa berat. Tapi ingat lari dari masalah juga bukan jalan keluar yang tepat. Itu hanyalah bersifat sementara dan suatu waktu harus kembali lagi untuk menghadapinya.

"Jadi kalau kita menghadapi situasi stres, bisa sedikit keluar dulu dari masalah tersebut dan melihat jika dari luar lingkaran masalah tersebut apa yang kita harus lakukan."

Reaksi stres sendiri bisa berefek terhadap kesehatan mental dan fisik. Apabila tak ditangani dengan baik tentu saja dampaknya akan lebih buruk lagi. Cara lain untuk meredakan stres adalah lewat berbicara dengan orang lain, misalnya meminta saran dari teman atau orang terdekat.

"Jika kita masih belum bisa mendapatkan jawabannya maka ada baiknya kita bertanya dengan orang yang ahli atau teman dekat kita yang mungkin bisa memberikan pandangan obyektif," ucap dr Andri

Baca juga: Tak Disadari, 7 Kondisi Tubuh Begini Bisa Jadi Tanda Anda Depresi

Hal ini cukup membantu bila memang masalah yang dihadapi cukup menyita perhatian dan waktu. Menurut dr Andri setiap manusia diberikan cara untuk mengatasi masalahnya walaupun dengan kemampuan yang berbeda-beda.

(hrn/vit)