Jumat, 13 Jan 2017 16:33 WIB

Cara Ampuh Atasi Sariawan: Ganti Pasta Gigi dan Kumur Air Garam

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Meski dianggap ringan, sariawan juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari jika didiamkan. Tak selalu dengan obat, nyeri akibat sariawan juga bisa diatasi dengan cara alami lho.

Salah satunya adalah mengganti kebiasaan Anda mengonsumsi minuman manis menjadi air putih. Minuman yang manis dan asam dapat membuat sariawan makin iritasi.

Rajan Sharma, DDS, dari EON Clinis menyebutkan bahwa paparan zat asam dan manis dari minuman dapat menimbulkan sensasi terbakar, nyeri dan memperlambat proses penyembuhan. "Perlu diingat bahwa bakteri dalam mulut Anda juga mengubah gula menjadi asam," tambahnya, seperti dikutip dari Prevention.

Baca juga: Sedang Sariawan? Cek di Sini Penyebabnya

Ya, selain merusak lapisan gigi dan memicu risiko gigi bolong, terlalu banyak mengonsumsi minuman manis juga berpengaruh terhadap kondisi sariawan bagi Anda yang sedang mengalaminya.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah mengganti pasta gigi. Dikutip dari Mayo Clinic, beberapa pasta gigi dengan kandungan sodium lauryl sulfate, dapat memicu sariawan pada beberapa orang. Meskipun tidak benar-benar menyembuhkan sariawan, cara ini diyakini bisa membantu mempercepat penyembuhan.

Saat nyeri sedang kambuh, terutama setelah makan, sediakan air garam untuk berkumur. Ini adalah salah satu metode simpel yang bisa Anda lakukan untuk meredakan nyeri sariawan dan mempercepat proses penyembuhan.

Garam dapat 'membersihkan' area sariawan, sehingga membantu proses penyembuhan dan menghilangkan rasa nyeri untuk sementara.

Baca juga: Radang dan Nyeri Saat Menelan, Ini yang Terjadi Pada Tenggorokan Anda


(ajg/vit)