Senin, 30 Jan 2017 18:00 WIB

Asal-asalan Keluarkan Ingus Saat Pilek, Waspada Infeksi!

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Saat sedang pilek, salah satu hal yang kerap dianggap mengganggu adalah penuhnya ingus atau lendir di hidung. Jika Anda mengalaminya, hati-hati saat mengeluarkan ingusnya ya.

Jika ingus dikeluarkan asal-asalan dan terlalu keras, hal tersebut dapat memicu munculnya infeksi di saluran hidung. Demikian disampaikan oleh dr Artono, SpTHT-KL(K), FICS dari RS PHC Surabaya dan RS Petrokimia Gresik kepada detikHealth.

"Saat pilek, infeksi hidung bisa menyebar ke telinga tengah melalui saluran tuba (tuba eustachius). Infeksi ini bisa terjadi bila kita salah mengeluarkan ingus. Misalnya dengan tekanan yang terlalu keras," tutur dr Artono.

Baca juga: Saat Sudah Mau Bersin Tapi Tiba-tiba Tak Jadi, Apa Penyebabnya?

dr Rusdian Utama Roieslani, SpTHT-KL dari RS Gandaria, sebelumnya juga pernah menuturkan hal serupa. Mengeluarkan ingus terlalu kencang bisa membuat ingus masuk ke dalam telinga. Nah, masuknya ingus ke dalam telinga karena terdorong oleh lesitan hidung bisa berakibat fatal.

Ia juga melanjutkan, keberadaan cairan ingus di dalam rongga telinga bisa memicu tuli. Bisa bersifat sementara selama ada cairan, bisa juga permanen jika merusak gendang telinga.

"Melesit atau mengembuskan ingus dari hidung tidak diharamkan selama tidak terlalu kencang. Namun menurutnya, ada cara lain yang jauh lebih aman. Cara yang benar bukan diembuskan, tapi sebaliknya diisap. Masuk kerongkongan, lalu dikeluarkan lewat mulut," kata dr Rusdian.

Baca juga: Hidung Meler? Ini Dia Fakta-fakta Pilek yang Perlu Kamu Tahu


(ajg/up)
flu
News Feed