Senin, 20 Feb 2017 16:05 WIB

Kalau Nyeri Haid-nya Seperti Ini, Ada Baiknya Anda Cek ke Dokter

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Halaman 1 dari 6
Foto: thinkstock
Jakarta - Dismenorrhea atau nyeri haid lumrah dialami wanita ketika menstruasi hari pertama. Tapi, pada beberapa wanita nyeri haid bisa jadi indikasi adanya gangguan pada kesehatan.

dr Hari Nugroho SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya mengatakan dismenorrhea dibagi menjadi dua kategori besar, yaitu primer dan sekunder. Dismenorrhea primer yaitu nyeri haid yang timbul tanpa adanya kelainan pada organ reproduksi.

"Sementara, dismenorrhea sekunder adalah nyeri haid yang timbul karena ada kelainan di dalam organ reproduksi seperti endometriosis, adenomyosis dan myoma uteri," kata dr Hari.

Dikutip dari buku 'Nyeri Haid Tidak (selalu) Normal' oleh tim GMITS (Gynecologic Minimally Invasive Treatment Surabaya - www.trust-gmits.com), ada beberapa ciri yang bisa dilihat untuk membedakan apakah nyeri haid yang dialami primer atau sekunder. Apabila nyeri haid dirasakan sejak pertama kali menstruasi dan selalu ada setiap mentruasi dengan intensitas dan durasi yang sama, kemungkinan besar ini adalah dismenorrhea primer.

Nah, tapi jika nyeri haid yang dirasa seperti ini, tak ada salahnya Anda cek ke dokter. Pasalnya, bisa jadi nyeri haid yang dirasa merupakan sinyal ada gangguan pada organ reproduksi.

(rdn/vit)