Senin, 06 Mar 2017 07:00 WIB

Butuh Jalan Kaki Sejauh Ini untuk Imbangi Risiko Duduk Terlalu Lama

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Terlalu lama duduk memberikan dampak buruk pada kesehatan, yakni meningkatkan risiko berbagai penyakit mematikan. Penelitian membuktikan, butuh aktivitas fisik yang cukup untuk mengimbanginya.

Penelitian di University of Warwick tersebut menyebut bahwa risiko penyakit kardiovaskular meningkat 0,2 persen tiap tambahan waktu duduk sebesar 1 jam. Demikian juga dengan lingkar pinggang rata-rata, mengalami peningkatan sebesar 2 cm.

"Waktu yang dihabiskan dengan postur sedentari berhubungan secara signifikan dengan lingkar pinggang yang lebih lebar, trigliserida (lemak) yang lebih tinggi, lemak baik yang lebih rendah, yang semuanya meningkatkan risiko sakit jantung," kata Dr William Tigbe yang memimpin penelitian tersebut.

Baca juga: Trik Menangkal Pantat Tepos Akibat Terlalu Banyak Duduk

Tentu saja ada cara untuk menangkal dampak buruk tersebut. Menurut Tigbe, satu-satunya cara adalah mengimbanginya dengan aktivitas fisik yang cukup.

"Level yang berhubungan dengan faktor risiko nol adalah berjalan kaki lebih dari 15.000 langkah per hari, yang setara dengan 11-12 km," katanya, dikutip dari Dailymail.

Penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Obesity ini melibatkan 111 pekerja, 55 di antaranya bekerja di kantor dan sisanya bekerja sebagai pengantar kiriman pos. Para peneliti melakukan pengamatan dari tahun 2006-2007.

Baca juga: Banyak Duduk Tak Serta Merta Bisa Dikaitkan dengan Kematian Dini (up/vit)