Rabu, 15 Mar 2017 09:08 WIB

Donasi Detikers Bantu Bayi Naura Jalani Transplantasi Hati

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: M Reza Sulaiman/detikHealth Foto: M Reza Sulaiman/detikHealth
Jakarta - Naura Aulia Putri Wibowo baru saja merayakan ulang tahunnya yang pertama bulan Februari lalu. Namun saat ini Naura harus terbaring di rumah sakit akibat sakit yang dideritanya.

Ya, bayi mungil ini mengidap penyakit atresia biliar dan gizi buruk. Penyakit ini membuat perutnya tampak bengkak, badannya kurus dan tubuhnya kecil tidak seperti bayi lain seusianya.

Agar bisa sehat, Naura membutuhkan transplantasi hati. Guna meringankan biaya perawatan Naura, detikcom mengajak para pembaca untuk membantu melalui kitabisa.com.

Donasi dari detikers untuk NauraDonasi dari detikers untuk Naura Foto: M Reza Sulaiman/detikHealth


Selain untuk keperluan transplantasi hati, dana yang terkumpul juga digunakan untuk keperluan lain yang tidak di-cover BPJS seperti pembelian susu khusus dan biaya skrining calon donor hati yang mencapai Rp40 juta.

Pengumpulan donasi pun resmi ditutup pada 1 Maret 2017 lalu setelah dibuka kurang-lebih 2 bulan. Donasi yang terkumpul mencapai Rp228.289.519 dari 1.258 donatur dan sudah diserahkan kepada orang tua Naura pada Selasa (14/3/2017) sore.

NauraNaura Foto: M Reza Sulaiman/detikHealth


"Alhamdulillah, terima kasih banyak untuk detik.com dan kitabisa.com, om-om wartawan serta para detikers yang sudah membantu Naura secara support dan finansial agar Naura bisa menjalani transplantasi hati," tutur Fitriyanti Irawati, ibunda Naura, kepada detikHealth, ditemui di RS Cipto Mangunkusumo, Salemba, Jakarta Pusat.

Biaya yang dibutuhkan untuk operasi transplantasi Naura kurang lebih Rp 1,2 miliar. Namun operasi belum bisa dilakukan karena berat badan Naura yang masih sangat rendah.

Naura sendiri saat ini sedang menjalani rawat inap di RS Cipto Mangunkusumo. Perutnya kembali membengkak dan kondisinya sempat drop beberapa hari yang lalu.

"Naura sejak tadi pagi tidak bisa pipis dan akhirnya sore dipasangi kateter. Malam ini akan ditransfusi albumin dan injeksi furosemid agar cairan di perut Naura bisa keluar," kata Fitri lagi.

Semoga cepat sembuh ya Naura.

Naura dan ibunyaNaura dan ibunya Foto: M Reza Sulaiman/detikHealth


(mrs/up)