Jumat, 17 Mar 2017 08:32 WIB

Keren! Nenek 70 Tahun Lakukan Maraton Selama 7 Hari di 7 Benua

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: CNN
Jakarta - Usia wanita bernama Chau Smith ini sudah 70 tahun. Tapi, di usia yang kini tak lagi muda, Smith sukses melakukan 7 maraton selama 7 hari, di 7 benua. Keren!

Antara tanggal 25 dan 31 Januari lalu, Smith melakukan maraton di Perth, Singapura, Amsterdam, Kairo, New York, Chili, dan Antartika. Setiap hari, Smith bangun tidur dan berlari sekitar 42 km. Kemudian, ia pergi ke benua lain dengan pesawat untuk menuntaskan 'misinya' itu.

Menurut pemilik perusahaan travel Marathon Adventures yang mengorganisir acara yang diikuti Smith, Steve Hibbs, wanita itu memang tidak ingin misinya itu dipublikasikan. Ada 9 orang lainnya yang bergabung dengan Smith dalam event tersebut. Meski Smith sudah terbiasa maraton, tapi event marathon tak biasa ini membuat Smith butuh waktu sekitar 8 minggu untuk latihan. Setiap minggu, Smith berlari 24-209 km.

Tiap sesi maraton menurut Smith mempunyai kenangan tersendiri. Di Perth, Smith mengalami sunburn parah mengingat saat itu suhu di sana mencapai 37 Celcius lebih. Di Kairo, Smith hanya punya waktu beberapa menit sebelum maraton dimulai.


"Saat transit di Abu Dhabi, pesawat kami delay. Sampai di Kairo, kami hanya punya waktu 10 menit untuk ganti baju. Tidak ada lagi kesempatan membuka bawaan kami. Terlebih kunci kamar saya sempat rusak dan saya hampir menghabiskan waktu 10 menit saya. Saya menangis," tutur Smith, dikutip dari CNN.

Baca juga: Usia Boleh Tua, Tapi Mereka Masih Kuat Lari Lho!

Sebelumnya, Hibbs mengatakan peserta punya waktu 6 jam untuk menyelesaikan maratonnya di Kairo. Sempat ragu dan diminta Hibbs melakukan half-marathon saja, ternyata Smith sukses menyelesaikan maratonnya dalam waktu 5 jam 51 menit. Bagi Smith, usia bukan halangan untuk tetap melakukan maraton. Terlebih, ia memang sudah hobi maraton sejak kecil.

Selama ini, Smith menjalankan bisnis laundry-nya di Missouri. Setiap hari, Smith bekerja 10 jam per minggu. Nah, ikut berbagai event maraton termasuk di negara lain dirasa Smith ampuh membuatnya tidak terlalu stres. Sebelum mengikuti maraton di 7 benua yang disebut dengan event Triple 7 Quest, suami dan kedua anak Smith sempat mengkhawatirkannya.

"Tapi mereka tetap mendukung saya. Saya juga meyakinkan mereka bahwa ketika saya melakukan sesuatu yang saya senangi, mereka tak perlu cemas. Tahun depan saya berencana ingin melakukan Triple 8 Quest dengan tambahan satu daerah tujuan yakni Zealandia," tutur Smith.

Baca juga: Jenis Olahraga yang Tepat Dilakukan Bagi Pasien Pasca Stroke


(rdn/vit)