Minggu, 02 Apr 2017 08:06 WIB

Pesan Presenter Farhan bagi Anda yang Hendak Ikut Triathlon

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: Puti Aini Yasmin
Jakarta - Presenter dan penyiar radio Farhan bakal melakukan triathlon pada 22 April mendatang dalam rangka galang dana sosial. Triathlon merupakan kegiatan olahraga yang menggabungkan tiga cabang olahraga sekaligus, yaitu berenang, bersepeda dan berlari. Bagi Anda yang hendak mengikuti jejak Farhan, ada pesan yang disampaikan oleh pria bernama lengkap Muhammad Farhan itu.

Menurut Farhan, saat mengikuti triathlon, khususnya pada saat berlari Anda tidak boleh berhenti mengonsumsi makanan. Sebab, saat mengikuti triathlon energi yang dibutuhkan bisa setara dengan kalori makanan dalam satu hari.

"Nggak boleh berhenti makan karena kita butuh energi minimal 2.000 kalori. Karena minimal kita ngebakar 3.600 kalori saat ikut triathlon," ucap Farhan ketika ditemui detikHealth di sela-sela temu media Kampanye #Sweat4Edu di rumah belajar Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Duri Kepa, Jalan Panjang, Jakarta Barat, beberapa waktu lalu.

"Tapi kalau sedang lari makan pisang atau snack kan kurang praktis. Jadi sekarang kita mulai terbiasa pada makanan cair seperti power gel," sambung pria kelahiran tahun 1970.

Baca juga: Cerita Presenter Farhan tentang Persiapan Ikuti Triathlon

Ia juga menceritakan pengalamannya saat hanya sedikit mengonsumsi makanan ketika berlari guna mengurangi berat badannya. Namun sayang, saat Farhan baru berlari dua kilometer ia justru 'tumbang'.

Berangkat dari pengalamannya mempersiapkan triathlon, Farhan juga menyarankan untuk menerapkan diet dengan gizi seimbang yaitu tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak. Sebab, menurut Farhan tubuh membutuhkan gula, garam dan lemak secara seimbang.

Baca juga: Hal-hal yang Menyebabkan Kalap Makan Usai Olahraga

(rdn/vit)