Selasa, 04 Apr 2017 14:36 WIB

Yuk Kenali Penyebab Gigi Linu Saat Minum Minuman Dingin

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Sering merasa gigi linu saat minum minuman yang terlalu dingin? Itu tandanya gigi sensitif. Apa sih penyebabnya?

Menurut dokter gigi spesialis konsultan konservasi gigi, drg Diatri Nari Ratih MKes hD SpKG (K) permasalahan gigi sensitif tidak dapat diselesaikan tanpa mengetahui penyebabnya. Sebab penyebab utama gigi sensitif adalah hilangnya lapisan email yang menyebabkan dentin terbuka.

"Banyak yang mengira itu karena minum terlalu dingin atau panas padahal itu cuma pemicu. Rasa ngilu, tajam dan singkat itu respons dari pemicu tersebut," ucap drg Diatri dalam temu media Pepsodent Expert Serum Intense Repair 5 di Hotel Veranda, Jalan Kyai Maja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (4/4/2017).

Baca juga: Cegah Infeksi, Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Gigi Anak Tanggal

drg Diatri menjelaskan ada berbagai faktor penyebab masalah gigi sensitif. Pertama adalah gaya hidup seperti mengonsumsi makanan dan minuman asam, sikat gigi terlalu keras serta kebiasaan menggeretakkan gigi.

Nah untuk mengatasi gigi sensitif, drg Diatri mengatakan bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut seperti menggunakan pasta gigi saat menggosok gigi. Selain itu, mengurangi kebiasaan konsumsi makanan asam yang memperparah kondisi gigi.

"Lantas untuk mencegahnya, pertama gosok gigi yang benar yaitu jangan terlalu keras dan pakai metode merah-putih artinya dari gusi lalu ke gigi. Itu agar gusi tetap sehat," sambung drg Diatri.

"Lalu saat konsumsi makanan atau minuman asam jangan langsung sikat gigi. Tahan 30 menit atau maksimal satu jam," imbuh wanita berambut pendek ini.

Lebih lanjut, pemberian jeda waktu saat konsumsi makanan dan minuman asam dilakukan untuk membiarkan air liur meminimalkan gigi secara alami. Sebab, gusi akan lunak saat mulut terpapar makanan dan minuman asam sehingga saat disikat menyebabkan gusi turun dan meningkatkan risiko.

Baca juga: Sakit Gigi 'Sembuh Sendiri', Masih Perlukah ke Dokter Gigi?

Sementara itu, dalam acara yang sama kepala divisi kesehatan dari PT Unilever, drg Ratu Mirah Afifah GCClinDent MDSc mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan Pepsodent Sensitive Expert, satu dari tiga orang masih mengalami gigi sensitif. Oleh sebab itu, Pepsodent mengeluarkan inovasi baru yaitu Pepsodent Expert Serum Intense Repair 5 untuk meningkatkan kualitas hidup terhadap masalah gigi sensitif. (vit/vit)
News Feed