Rabu, 05 Apr 2017 09:34 WIB

Kata Dokter Soal Kaitan Penyakit Asam Lambung dengan Gigi Sensitif

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Penyakit asam lambung biasanya menyebabkan rasa tidak nyaman pada daerah perut dan tenggorokan. Namun, disebutkan juga penyakit asam lambung berkaitan dengan gigi sensitif. Apa kata dokter soal hal ini?

Menanggapi hal ini, drg Diatri Nari Ratih MKes hD SpKG (K) mengatakan pada dasarnya, semua hal yang berkaitan dengan asam termasuk penyakit asam lambung dapat menyebabkan gigi sensitif. Sebab, asam akan mengikis lapisan email dan menyebabkan dentin terbuka.

"Misalnya saja penyakit bulimia yang memuntahkan apa yang dimakan. Pasti gigi di belakang mengalami erosi karena muntahan selalu melewati gigi belakang dan gigi depan nggak kena," ucap drg Diatri di sela-sela peluncuran Pepsodent Expert Serum Intense Repair 5 di Hotel Veranda, Jalan Kyai Maja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (4/4/2017).

Baca juga: 5 Penyakit yang Berhubungan dengan Asam Lambung

"Biasanya gigi yang mengalami erosi itu dekat langit-langit dan di daerah belakang. Ini juga seperti orang yang punya mag ya," sambung wanita berambut pendek ini.

Beberapa waktu lalu dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, FINASIM mengatakan bahwa naiknya asam lambung bisa mengganggu sistem lain, seperti gigi. Sebab, naiknya asam lambung bisa memicu erosi dental.

"Bisa juga menyebabkan faringitis kronis, inusitis, laringitis atau radang pita suara. Selain itu juga menyebabkan asma dan bahkan penyakit fibrosis paru idiopatik," kata dr Ari.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Naiknya Asam Lambung Bisa Picu Komplikasi Berbahaya (rdn/vit)
News Feed