Sabtu, 08 Apr 2017 14:10 WIB

'Menggambar' Penis Pakai GPS untuk Tingkatkan Kewaspadaan Kanker Testis

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Instagram
New Zealand - Untuk meningkatkan kepedulian terhadap kanker testis dalam rangka Testicular Cancer Awareness Month yang jatuh tiap tanggal 1 April, cara unik dilakukan oleh Testicular New Zealand. Mereka meminta masyarakat menggambar penis menggunakan GPS (Global Positioning System).

Ya, organisasi nonprofit tersebut meminta para partisipan melakukan aktivitas olahraga yang jejaknya bisa direkam menggunakan GPS. Tapi, gambar yang tercipta (rute aktivitas fisik mereka) harus menyerupai gambar penis.

"Kami memulai kampanye #GoBallsOut untuk meningkatkan kepedulian terhadap kanker testis. Setelah partisipan menciptakan karyanya, kami mendorong mereka untuk meng-capture gambar tersebut dan membagikannya ke sosial media untuk menyebarkan pesan ini," kata pihak Testicular Cancer New Zealand, dikutip dari Runner's World.

'Menggambar' Penis Pakai GPS untuk Tingkatkan Kewaspadaan Kanker TestisFoto: Instagram


Seperti diketahui, kanker testis adalah kanker yang umumnya menyerang pria di usia 15 sampai 39 tahun. Dengan gambar penis yang dibuat dengan GPS, diharapkan para pria bisa lebih rajin melakukan deteksi dini kanker testis dan melakukan upaya menurunkan risiko terkena kanker testis, salah satunya dengan menerapkan gaya hidup sehat, termasuk berolahraga.

Baca juga: 10 Penyebab Nyeri Testis yang Tak Boleh Diabaikan

Dalam video yang diunggah di Youtube, Testicular Cancer New Zealand juga memberikan cara mudah mendeteksi dini kanker testis. Saat mandi, coba sentuh testis lalu remas dan rasakan apakah ada benjolan atau testis terasa seperti bengkak. Lakukan ini tak hanya di testis bagian depan tapi juga di bagian belakang.

"Lakukan pemeriksaan ini secara regular, dan jika dirasa ada yang tidak beres, segera cek ke dokter. Ingat, berolahraga dan tetap aktif bisa menjadi salah satu cara menurunkan risiko kanker testis," demikian disampaikan Testicular Cancer New Zealand.

Beberapa karya partisipan dibuat dengan aktivitas fisik berbeda. Seperti netizen dengan akun instagram @otis.frizzell yang membuat lukisan GPS berbentuk penis dengan bersepeda. Menurutnya, dia mencoba membantu meningkatkan kepedulian terhadap kanker testis dan semua orang bisa melakukannya. Berbeda dengan @otis.frizzell, netizen dengan akun instagram @pro.poppy membuat rute berbentuk testis dengan kayak.

Bagaimana dengan Anda? tertarik 'merekam' jejak olahraga dengan GPS bergambar penis untuk meningkatkan kepedulian terhadap kanker testis?

'Menggambar' Penis Pakai GPS untuk Tingkatkan Kewaspadaan Kanker TestisFoto: Instagram

Baca juga: Usia Makin Tua, Pria Makin Banyak Menghasilkan Sperma 'Mutan'


(rdn/vit)