Selasa, 25 Apr 2017 11:15 WIB

Riset: Banyak Minum Kopi Efek Sampingnya Tak Seburuk yang Disangka

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Minum kopi hingga 4 cangkir sehari sering dianggap berlebihan, bahkan dikaitkan dengan berbagai efek samping yang mengganggu. Namun riset terbaru menyebut, 4 cangkir masih bisa dikategorikan aman.

Empat cangkir kopi, yang setara dengan sekitar 400 mg kafein, menurut penelitian tersebut masih bisa dikategorikan normal bagi orang dewasa pada umumnya. Khusus untuk ibu hamil, takaran kafein perlu dibatasi sebanyak 300 mg atau setara 3 cangkir kopi.

Kesimpulan ini didapat para ilmuwan dari International Life Sciences Institute (ILSI), dan dipublikasikan di jurnal Food and Chemical Toxicology. Mereka menganalisis lebih dari 700 penelitian ilmiah tentang kafein antara tahun 2001-2015.

"Kajian sistematik ini memberikan bukti yang memperdalam pemahaman tentang kafein bagi kesehatan manusia," kata Dr Eric Hentges dari ILSI Amerika Utara, dikutip dari NYpost.

Kandungan kafein dalam kopi selalu dipandang dari dua sisi. Dari sisi positif, kopi dianggap sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sebuah studi bahkan mengaitkan konsumsi kopi dengan risiko kanker usus yang lebih rendah.

Baca juga: Risiko Kanker Usus Besar Bisa Diturunkan Sampai Separuh dengan Kopi

Di sisi lain, berlebihan minum kopi juga bisa memberikan efek samping. Mulai dari yang paling ringan seperti perut mulas, jantung berdebar-debar, hingga risiko stroke dan serangan jantung.

Baca juga: Efek Kebanyakan Kopi: Sakit Kepala Hingga Risiko Serangan Jantung (up/up)