Selasa, 02 Mei 2017 08:35 WIB

Awas, Pemilik Golongan Darah Ini Lebih Rentan Serangan Jantung

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Serangan jantung bisa menyerang siapa saja yang memiliki faktor risiko. Namun pemilik golongan darah tertentu punya risiko lebih tinggi untuk mengalaminya.

Sebuah penelitian di University Medical Center Groningen membuktikan bahwa golongan darah berpengaruh pada risiko serangan jantung. Pemilik golongan A, B, dan AB sedikit lebih rentan dibanding golongan O.

Menurut penelitian yang dipresentasikan di pertemuan European Society of Cardiology tersebut, serangan jantung terjadi pada 15 dari 1.000 orang dengan golongan darah non-O. Sedangkan, seperti dikutip dari BBC, pada golongan darah O, angkanya hanya 14 di antara 1.000 orang.

Perbedaannya memang tampak tidak seberapa, namun sangat bermakna pada populasi. Terlebih, golongan darah termasuk faktor risiko yang tidak mungkin diubah seperti halnya gaya hidup.

Baca juga: Minum Alkohol Berlebihan Picu Degup Jantung Tak Teratur

Menurut para ilmuwan, golongan darah selain O memiliki level protein penggumpalan darah yang lebih tinggi. Kondisi ini meningkatkan risiko penyumbatan pada pembuluh darah, dan bisa berakibat fatal jika aliran darah menuju organ-organ penting terganggu.

Kabar baiknya, memodifikasi faktor-faktor lain bisa menurunkan risiko serangan jantung. Misalnya dengan memperbaiki pola makan, menghindari rokok, dan sering olahraga.

Baca juga: Kaitan Uban yang Muncul Sebelum Waktunya dan Risiko Sakit Jantung (up/mrs)