Rabu, 10 Mei 2017 18:35 WIB

Pasien Hipertensi Mesti Pantang Makan Daging Kambing? Ini Kata Dokter

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
ilustrasi sate kambing (Foto: thinkstock) ilustrasi sate kambing (Foto: thinkstock)
Topik Hangat Waspadai Hipertensi
Jakarta - Bagi pasien hipertensi alias darah tinggi, daging kambing kerap menjadi makanan yang dipantang. Sebab, daging kambing diyakini bisa memicu kenaikan tekanan darah. Apa benar begitu?

"(Daging kambing) Aman aja buat pasien darah tinggi. Cuma tergantung cara memasaknya. Kalau dibuat dengan santan atau dengan dipanggang, lebih aman dengan cara memanggang," kata dr Prasna Pramita SpPD dari RS Mayapada Lebak Bulus dalam Live Chat 'Kenali dan Waspadai Hipertensi' yang digelar detikHealth dan detikForum bekerjasama dengan Mayapada Healthcare Group di kantor detikcom, Jl Warung Jati Barat Raya, Jakarta Selatan, Rabu (10/5/2017).

Mengolah daging kambing dengan cara dipanggang, kata dr Mita, panggilan akrabnya, lebih baik ketimbang diolah dengan diijadikan gulai misalnya. Mengingat pada gulai digunakan santan yang memiliki kadar lemak cukup tinggi. Memilih mengolah daging kambing dengan dibakar juga disebut dr Mita relatif aman untuk pembuluh darah.

Baca juga: Catat, Ini Efeknya Bagi Tubuh Jika Makan Daging Kambing Berlebihan

Ini karena tidak terjadi pengendapan lemak yang lemak terlalu banyak di dalam darah. Lantas, bagaimana untuk porsi konsumsi daging kambing pada pasien hipertensi?

"Sama kayak orang yang nggak punya hipertensi, ya sekitar 150-200 gram lah sehari. Nggak perlu dikurangi porsinya. Yang penting perhatikan cara pengolahannya," kata dr Mita.

Dikutip dari American Lamb, empat puluh persen lemak pada daging kambing merupakan monounsaturated fat seperti yang terkandung dalam minyak zaitun. Dalam tiga ons daging kambing terkandung asam lemak omega 3 dan asam linoleat alfa lima kali lebih banyak ketimbang daging sapi.

Tiga ons daging kambing mengandung 175 kalori dan memenuhi hampir setengah kebutuhan protein harian Anda. Nah, rata-rata seporsi daging kambing atau 3 ons mengandung lemak lemak jenuh dan kolesterol harian sesuai rekomendasi Dietary Guidelines for Americans.

Baca juga: Tips Santap Hidangan Daging Kambing Agar Kesehatan Tetap terjaga

(rdn/vit)
Topik Hangat Waspadai Hipertensi
News Feed