Kamis, 18 Mei 2017 10:34 WIB

Alasan Kenapa Beberapa Orang Sendinya Bisa Sangat Fleksibel

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Beberapa orang mungkin bisa menarik jarinya hingga nyaris menyentuh punggung tangan atau mudah mengikuti gerakan pose yoga yang terlihat sulit. Hal tersebut karena persendiannya memang bisa jadi lebih fleksibel dari normal.

Pembawa acara SciShow Stefan Chin mengatakan sendi yang fleksibel ini sebetulnya bisa dimiliki semua orang lewat latihan. Namun kadang ada juga yang memilikinya karena bawaan lahir.

"Hal ini disebut hipermobilitas. Satu penjelasan mengapa bisa terjadi adalah bila seseorang lahir dengan persendian yang lebih dangkal dari biasanya... Dengan sendi yang lebih dangkal maka tulang bisa lebih bebas bergerak," papar Stefan seperti dikutip dari kanal YouTube SciShow.

Baca juga: Badan Lentur Bak Michael Jackson Karena Sindrom Hipermobilitas

"Hipermobilitas bisa juga datang dari tulang rawan yang elastis atau ligamen yang elastis. Beberapa kondisi genetik seperti Ehlers-Danlos syndrome (EDS) dapat membuat kecacatan pada jaringan tersebut yang berujung pada fleksibilitas di atas wajar," lanjut Stefan.

Perlu diingat bahwa memiliki sendi fleksibel bukan berarti juga suatu hal yang baik. Dengan sendi yang fleksibel maka risiko untuk terjadinya keseleo bisa semakin meningkat.

Pada orang dengan EDS misalnya selain peningkatan kejadian keseleo yang menyakitkan ia juga bisa mengalami gejala mudah memar, luka sulit sembuh, dan rentan terkena arthritis.

"Jadi meski kelihatannya keren, ada hal dibalik hipermobilitas yang membuatnya lebih dari sekedar trik," tutup Stefan.

Baca juga: Makan Burger Bikin Rahang 'Meleset' Karena Sindrom Sendi Mudah Lepas (fds/up)
News Feed