Selasa, 30 Mei 2017 14:32 WIB

Miley Cyrus Sebut Dirinya Panseksual, Apa Itu?

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Miley Cyrus/ Foto: Getty Images
Jakarta - Penyanyi Miley Cyrus mulai membuka dirinya sebagai panseksual. Sebenarnya, apa arti dari panseksual dan bagaimana bedanya dengan biseksual?

Di tahun 2016, kepada Variety Cyrus mengatakan ia sulit memahami gender dan seksualitasnya sendiri. Ia mengaku benci dengan kata biseksual karena itu membuatnya seperti terbelenggu. Cyrus mengaku tidak memikirkan apakah seseorang merupakan laki-laki atau perempuan.

"Saya amat terbuka. Panseksual, itulah saya," ujar Cyrus dalam wawancara dengan Billboard baru-baru ini. Nah, sebenarnya apa yang dimaksud dengan panseksual?

"Panseksual tidak sama dengan biseksual. Pan berasal dari bahasa Yunani yang artinya semua. Panseksual bukan biseksual tetapi semua seksual. Ini artinya, seorang panseksual bisa tertarik dengan pria, wanita, transgender atau orang yang memilih untuk tidak mengidentifikasi gender mereka," terang terapis seks dan perkawinan Holly Richmond, PhD.

Baca juga: Alat Kelamin Bisa Menyusut Kalau Jarang Beraktivitas Seks

Richmond menegaskan, panseksual tidak dapat diterjemahkan ke dalam pergaulan bebas. Orang panseksual mungkin saja tertarik pada semua orang tapi itu tidak berarti mereka akan berhubungan seks dengan siapapun. Sebab, kata Richmond, orang panseksual bisa sangat pemilih.

Ia menambahkan, istilah panseksual baru muncul akhir-akhir ini. Sehingga, meski kurang dari satu persen populasi mengidentifikasi diri mereka sebagai panseksual, menurut Richmond sulit menentukan berapa banyak orang yang mengidentifikasi diri mereka sebagai panseksual.

"Tapi karena lebih banyak orang sadar akan panseksual, mungkin ada lebih banyak orang yang mengindetifikasi diri mereka dengan itu," ujar Richmond kepada Women's Health.

Ditegaskan Richmond, panseksual tidak hanya terkait seks. Ketika seorang panseksual sedang menjalin hubungan yang romantis, hubungan ini lebih terfokus pada orang tersebut, bukan pada gendernya. Sehingga, yang ada adalah terjalinnya hubungan yang berarti.

Baca juga: Ini Daftar Mitos dan Fakta Penentu Jenis Kelamin Bayi


(rdn/up)