Sabtu, 03 Jun 2017 10:05 WIB

Kelebihan Buah Segar Dibanding Jus Buah

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ilustrasi jus buah (Foto: iStock) Ilustrasi jus buah (Foto: iStock)
Jakarta - Jus buah punya banyak manfaat kesehatan, namun itu tidak selalu berlaku untuk anak di bawah satu tahun. Menurut panduan terbaru dari American Academy of Pediatrics, anak yang mengonsumsi jus buah di bawah umur tersebut rentan mengalami masalah kesehatan gigi.

Risiko tersebut, menurut para pakar terkait dengan kandungan gula yang ada dalam jus buah. Gigi anak yang baru mulai tumbuh di usia tersebut, terancam rusak karenanya.

"Ketika anak terbiasa mengonsumsi gula, mereka tidak akan meminum air putih," ujar Dr Steven A Abrams, pakar kesehatan anak dari Dell Medical School University of Texas seperti dikutip dari CNN.

Baca juga: Cara Laura Basuki Ajari Anak Kebiasaan Makan yang Baik

Hingga usia 6 bulan, ASI (Air Susu Ibu) eksklusif merupakan pilihan utama bagi anak. Bahkan satu-satunya, kecuali ada indikasi medis yang mengharuskannya mendapat asupan ekstra sesuai petunjuk dokter. Namun demikian, bukan berarti anak bebas mengonsumsi apa saja setelah lewat usia 6 bulan.

Menurut Dr Abrams, jus gula dalam kemasan memiliki kandungan gula yang tinggi. Daripada minum jus buah, lebih dianjurkan anak mengonsumsi buah segar karena nutrisinya relatif lebih baik. Selain kaya vitamin, buah juga merupakan sumber serat yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Baca juga: Mau Langsing dan Cegah Diabetes? Yuk Ganti Minuman Manis dengan Air Putih (up/up)
News Feed