Rabu, 07 Jun 2017 13:07 WIB

Bagi yang Tidak Cocok, Plester Puting Juga Bisa Picu Alergi

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Plester puting bisa memicu terjadinya dermatitis kontak alergi pada kulit (Foto: thinkstock)
Jakarta - Tren penggunaan plester puting untuk kencan oleh pria di Jepang bisa menimbulkan masalah bagi kulit. Dokter mengatakan salah satunya yang umum terjadi adalah munculnya reaksi alergi.

dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari Klinik D&I Skin Centre Denpasar mengatakan pada prinsipnya, penggunaan plester puting di dada sama halnya dengan penggunaan plester pada bagian lain di kulit. Risiko alergi muncul terutama pada mereka yang memiliki bakat alergi.

"Plester umumnya bukan menimbulkan iritasi tapi reaksi alergi atau dikenal dengan istilah medis dermatitis kontak alergi. Reaksi alergi ini hanya bisa terjadi pada orang-orang tertentu yang memiliki bawaan atau bakat alergi," tutur pria yang akrab disapa dr Darma ini kepada detikHealth,

Baca juga: Tren Aneh di Jepang, Pria Pakai Plester Puting untuk Kencan

Dampak dari dermatitis kontak alergi karena pemakaian plester puting ini bermacam-macam, mulai yang ringan hingga sedang. Dampak ringannya antara lain bercak kemerahan sementara dampak sedangnya adalah muncul bentol dan rasa gatal yang bisa menyebar ke bagian kulit lainnya di sekitar puting.

Plester puting atau nipple patch sendiri sejatinya adalah salah satu kelengkapan olahraga yang lazim digunakan oleh para pelari. Penggunaan plester puting dimaksudkan untuk menghindari terjadinya blister atau iritasi akibat gesekan antara pakaian dan puting.

"Dengan adanya lapisan yang menutupi puting, maka tidak terjadi kontak langsung antara puting dengan kain," tutur dr Darma lagi.

Di Jepang, plester puting dipakai para pria untuk menyamarkan puting yang menonjol saat kencan. Simak videonya di 20detik:

Baca juga: Umum Digunakan Atlet, Apa Sih Gunanya Plester Puting?


Penggunaan plester puting ini menarik perhatian setelah sebuah iklan menunjukkan perasaan jijik wanita ketika melihat puting pria menonjol saat kencan.

Dikutip dari Dailymail, sebuah penelitian tahun 2013 mengungkap bahwa 84 persen orang Jepang merasa jijik ketika melihat puting pria menonjol dari balik pakaiannya. Plester yang biasanya dipakai untuk mencegah blister saat lari, dimanfaatkan untuk memperbaiki penampilan saat kencan.

Baca juga: Puting Aman Saat Olahraga dengan Plester Khusus

(mrs/up)