Kamis, 15 Jun 2017 10:41 WIB

Deretan Pesohor yang Tobat Rokok Demi Keluarga

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Barack Obama, mantan presiden AS yang akhirnya berhenti merokok setelah sekian lama berkat istrinya. (Foto: REUTERS/Joshua Roberts) Barack Obama, mantan presiden AS yang akhirnya berhenti merokok setelah sekian lama berkat istrinya. (Foto: REUTERS/Joshua Roberts)
Jakarta - Pentolan grup musik Korea Selatan, Seohyun 'SNSD' rela melakukan tindakan ekstrem demi mendorong ayahnya agar berhenti merokok. Di hadapan sang ayah, ia memakan rokok-rokok milik pria itu.

Nyatanya cara itu berhasil membuat ayah dari pelantun 'Dont Say No' itu berhenti merokok secara total.

Bukan hanya ayah Seohyun saja yang berhenti merokok demi keluarga. Ada sederet selebriti, baik di dalam maupun luar negeri yang akhirnya bisa berhenti merokok berkat dorongan keluarganya.

Siapa saja mereka? Simak paparannya seperti dirangkum detikHealth dari berbagai sumber, Kamis (15/6/2017).

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Membantu Ketika Anggota Keluarga Berniat Berhenti Merokok

1. Barack Obama
Barack sudah merokok sejak remaja. Namun di tahun 2007, ABC News melaporkan ia pernah berjanji untuk berhenti di tahun 2008 dan mulai menggunakan permen nikotin untuk menghilangkan keinginannya menghisap rokok.

Kenyataannya, mantan presiden AS ini masih saja khilaf. Bila sudah begitu, ia takkan merokok di depan keluarganya. Akan tetapi di tahun 2012, ia mengaku benar-benar sudah berhenti lewat pernyataan yang ia lontarkan dalam sebuah pertemuan dengan PBB di New York.

Menariknya, Barack tanpa sengaja mengatakan alasannya untuk berhenti merokok di hadapan para delegasi. "Itu karena saya takut kepada istri saya," katanya dengan senyum lebar di wajahnya.
Deretan Artis yang Tobat Rokok Demi KeluargaMantan presiden AS ini akhirnya berhenti merokok setelah sekian lama berkat sang istri, Michelle (Foto: Getty Images)

2. Jang Dong Gun
Lumrah bagi pesohor Korea untuk memiliki kebiasaan merokok. Dikutip dari Soompi, aktor ini bahkan mengaku sanggup menghabiskan satu bungkus rokok dalam sehari. Namun semenjak menikahi teman seprofesinya, Ko So Young di tahun 2010, Jang memilih berhenti merokok.

"Alasan aku berhenti merokok karena aku memiliki keluarga baru dan menjaga kesehatanku," katanya dalam sebuah wawancara.
Deretan Artis yang Tobat Rokok Demi KeluargaJang Dong Gun memilih untuk berhenti merokok sejak berkeluarga. (Foto: Soompi)

3. Indro 'Warkop'
Selain aktor dan komedian, Indro juga pernah menjadi atlet baseball dan memiliki pola hidup yang sehat. Namun rupanya Indro juga pernah menjadi perokok berat hingga sanggup mengahbiskan 5 bungkus rokok perhari.

Namun karena dorongan keluarga, terutama anaknya, Indro akhirnya berhenti merokok pada tahun 1998. Apalagi di tahun 2005, pentolan grup 'Warkop' itu harus menjalani bypass jantung.
Deretan Artis yang Tobat Rokok Demi KeluargaBerkat dorongan anaknya, Indro 'Warkop' akhirnya bisa berhenti merokok meski sempat mengalami 'sakau' dalam prosesnya. (Foto: Muhammad Ridho/detikFoto)

4. Cameron Diaz
Sebuah artikel di In Touch Weekly menyebut aktris ini bisa menghabiskan 20 batang rokok dalam sehari. Kemudian ia sempat berhenti saat membintangi Charlie's Angels dan sekuel-sekuelnya karena film ini membutuhkan stamina tinggi. Namun begitu film ini rampung, Diaz kembali merokok lagi.

Untungnya ini tak berlangsung lama, sebab di tahun 2003, Diaz akhirnya benar-benar berhenti karena ayah dan ibunya. "Saya berhenti karena orang tua saya begitu sedih melihat saya merokok begitu banyak dan saya memberikan contoh yang buruk. Saya kemudian tersadar bahwa saya juga sedang dalam proses membunuh diri saya sendiri," katanya kepada Glamour.
Deretan Artis yang Tobat Rokok Demi KeluargaKarena pengaruh orang tuanya, Cameron Diaz akhirnya berkenan berhenti merokok. (Foto: Stuart C. Wilson/Getty Images)

Baca juga: Catat, Ini Satu 'Kunci' Agar Sukses Berhenti Merokok

5. Gwyneth Paltrow
Saat ini Paltrow dikenal sebagai pegiat kesehatan. Namun saat masih remaja, Paltrow sudah terbiasa merokok, bahkan hingga menghabiskan dua pak dalam sehari. Kematian ayahnya karena kanker di tahun 2002 pun tak bisa membuatnya berhenti merokok.

Kendati demikian, mantan istri Chris Martin ini akhirnya rela berhenti merokok setelah mengetahui tengah mengandung anak pertamanya dari Chris, Apple di tahun 2003. Setelah itu, Gwyneth masih sesekali merokok dalam kesempatan tertentu untuk melepas stres.
Deretan Artis yang Tobat Rokok Demi KeluargaKehamilan pertamanya memaksa Gwyneth Paltrow untuk berhenti merokok. (Foto: Getty Images)

6. Kate Hudson
Hudson juga mengaku menemui banyak kesulitan untuk benar-benar bisa berhenti merokok hingga akhirnya ia dinyatakan mengandung anak pertamanya di tahun 2008.

"Bagi saya, kehamilan adalah saat yang tepat untuk mulai mengubah hidup dan menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk. Saya pun akhirnya berhenti merokok berkat kehamilan ini. Ini adalah hal terbaik yang pernah saya lakukan," tuturnya.
Deretan Artis yang Tobat Rokok Demi KeluargaSama halnya dengan Paltrow, Kate Hudson juga didorong untuk berhenti merokok saat mengandung anak pertamanya. (Foto: Alberto E. Rodriguez/Getty Image)

7. Matt Damon
Di tahun 2004, Damon menjalani terapi hipnosis untuk menghentikan kebiasaan merokoknya yang sudah berlangsung puluhan tahun. Dalam sebuah wawancara dengan Nowmagazine.co.uk, Damon terang-terangan mengatakan ia berhenti merokok demi meningkatkan kualitas spermanya agar bisa memiliki keturunan. Dan kini ia telah menjadi ayah dari empat orang anak.

"Sekali Anda menyadari konsekuensinya, ini bukan lagi pilihan bagi Anda untuk merokok. Saya kira ini juga berlaku untuk adiksi yang lain," paparnya dalam wawancara yang lain.
Deretan Artis yang Tobat Rokok Demi KeluargaMatt Damon terang-terangan mengaku ingin berhenti merokok demi anak-anak yang dihasilkannya. (Foto: REUTERS/Mario Anzuoni)

8. Widyawati
Aktris senior Indonesia ini ternyata sudah mulai merokok sejak berusia 20-an tahun. Namun sejak bertemu dengan almarhum suaminya, Sophan Sophiaan, ia mulai berhenti merokok sebab Sophan saja tak pernah merokok.

Widyawati kemudian juga membuktikan komitmen kuatnya untuk tidak merokok. Di antaranya menolak adegan film yang mengharuskannya untuk merokok atau minum minuman keras.
Deretan Artis yang Tobat Rokok Demi KeluargaBerkat suaminya, Widyawati yang sempat merokok sejak umur 20-an, akhirnya berhenti merokok seketika. (Foto: Noel/detikHOT)

Baca juga: Bintang K-pop Lakukan Hal Menjijikan Ini Demi Ayahnya Berhenti Merokok (lll/up)
News Feed