Kamis, 29 Jun 2017 08:05 WIB

Mengembalikan Kulit yang Menghitam Akibat Paparan Matahari

Suherni Sulaeman - detikHealth
Ilustrasi kulit menghitam (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Tinggal di negara tropis, kulit yang awalnya berwarna kuning langsat atau sawo matang bisa menjadi hitam akibat sering berpanas-panasan. Apalagi jika sering beraktivitas di luar ruangan. Jika kulit benar-benar berubah menjadi hitam, bagaimana mengatasinya?

Menurut dokter spesialis kulit dari RS Permata Depok, dr Galih Manggala SpKK, pigmen pada kulit sebenarnya merupakan salah satu proteksi terhadap efek tubuh dari sinar ultraviolet. Sehingga ketika kulit menghitam akibat paparan matahari sebagian besar bersifat sementara.

"Dapat kembali ke warna awal sesuai tipe kulit masing-masing, artinya punya yang namanya skin type, orang bule punya kulit seperti bule, orang chinese kulitnya seperti chinese, orang Indonesia kulitnya sawo matang," tutur dr Galih kepada detikHealth.

Baca juga: Kulit Wajah Memerah Seperti Kepiting Rebus, Mungkin Ini Sebabnya

Pada orang berkulit hitam, sebenarnya cenderung memiliki pigmen lebih yang disebut melanin yang dapat mencegah paparan sinar UV menjadi kanker.

"Makanya orang yang kulitnya hitam dia lebih tahan terhadap sunburn. Kalau orang bule ke pantai dia pasti gampang sunburn, karena dia nggak punya mekanisme defense melaninnya itu," kata pria asal Malang, Jawa Timur ini.

Untuk mengatasinya, dr Galih menyarankan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF atau sun protection factor sesuai intensitas dan lama paparan sinar matahari atau sinar UV sebelum beraktivitas.

Kemudian, gunakan agen pencerah untuk mengembalikan warna kulit yang sudah menghitam dan harus dengan pengawasan dokter sehingga bisa diputihkan kembali.

"Tapi tetap seperti takdirnya, seperti sub type-nya. Seperti apa sih kita bisa putih? Seperti lengan bagian dalam, karena lengan bagian dalam itu penelitiannya merupakan daerah yang melanin paling sedikit di tubuh," ujar dr Galih.

Baca juga: Jangan Salah, Kulit Tetap Bisa Terpapar Sinar UV Meski di dalam Ruangan

(hrn/up)