Sabtu, 08 Jul 2017 09:10 WIB

Merasa Kesepian? Ini Efek Jahatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Rasa kesepian bisa mengakibatkan beberapa masalah pada kesehatan. Ketahui efek jahat kesepian bagi kesehatan tubuh di sini ya. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Rasa kesepian bisa menyerang secara tiba-tiba. Penyebabnya pun beragam, mulai dari tidak punya pasangan, jauh dari keluarga, hingga jarang bertemu dengan teman-teman.

Kesepian didefinisikan sebagai perasaan terasing atau sedih karena kurangnya interaksi sosial. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa efek kesepian tidak hanya jahat bagi kesehatan jiwa, namun juga kesehatan tubuh secara umum.

Apa saja? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut efek jahat kesepian bagi kesehatan tubuh:

Baca juga: Pesan Psikolog untuk Pemudik Jomblo Agar Tak Kesepian di Perjalanan

Rasa kesepian memiliki beberapa efek negatif bagi kesehatan tubuhRasa kesepian memiliki beberapa efek negatif bagi kesehatan tubuh Foto: Thinkstock


1. Susah tidur nyenyak
Dalam studi terbaru dari Inggris, ditemukan bahwa kesepian dapat membuat seseorang mudah lelah, sulit konsentrasi dan susah tidur nyenyak.

Peneliti menyebut kesepian memicu keluarnya hormon kortisol atau hormon stres, yang membuat otak selalu dalam keadaan tegang dan siaga. Akibatnya, produksi hormon melatonin berkurang dan tidur menjadi tidak nyenyak.

Baca juga: Susah Tidur Nyenyak? Jangan-jangan Kamu Sedang Kesepian

2. Perburuk pilek
Penelitian yang dilakukan Rice University menyebut pilek bisa bertambah parah jika seseorang sedang merasa kesepian. Hal ini dibuktikan dari penelitian kepada 159 orang partisipan.

Peneliti menemukan partisipan dengan skor rasa kesepian yang tinggi lebih mungkin untuk melaporkan gejala pilek parah. Sementara itu seberapa besar jaringan sosial yang dimiliki partisipan dalam hal ini tidak terlihat berpengaruh.

Baca juga: Kisah di Balik Foto Viral Gadis Depresi yang Menyisir Rambut


Kesepian juga diasosiasikan dengan meningkatnya risiko penyakit jantungKesepian juga diasosiasikan dengan meningkatnya risiko penyakit jantung Foto: ilustrasi/thinkstock

3. Penyakit jantung
Kesepian juga diasosiasikan dengan meningkatnya risiko penyakit jantung. Pakar mengatakan saat kesepian, tubuh akan mengeluarkan fibrinogen dalam jumlah banyak yang bisa menaikkan tekanan darah dan memicu penumpukan lemak di pembuluh darah.

4. Penyakit kronis
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of North Carolina menyebut kesepian bisa meningkatkan risiko terjadinya inflamasi atau peradangan pada tubuh.

AKibatnya, tubuh menjadi lebih rentan mengalami berbagai macam penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes melitus.

Baca juga: Studi: Rasa Kesepian Bisa Semakin Perburuk Pilek

(mrs/up)