Kamis, 13 Jul 2017 20:05 WIB

Ini Caranya Untuk Mulai Capai 10 Ribu Langkah Per Hari

Widiya Wiyanti - detikHealth
Untuk menghilangkan cap malas jalan kaki, hal yang tepat jika menerapkan jalan kaki 10 ribu langkah per hari. Sulit? (Foto: Bagus Kurniawan) Untuk menghilangkan cap 'malas' jalan kaki, hal yang tepat jika menerapkan jalan kaki 10 ribu langkah per hari. Sulit? (Foto: Bagus Kurniawan)
Jakarta - Untuk menghilangkan cap 'malas' jalan kaki, hal yang tepat jika menerapkan jalan kaki 10 ribu langkah per hari. Memang sulit, apalagi dengan segudang aktivitas yang tidak mengharuskan kita untuk bergerak.

Namun dokter spesialis kedokteran olahraga, dr Michael Triangto, SpKO membagi cara untuk memulai berjalan kaki setiap hari hingga mencapai angka 10 ribu langkah.

Hal pertama yang disarankan adalah tidak malas untuk bergerak, terlebih bagi kita yang memang tidak melakukan aktivitas berat. "Lakukanlah yang bisa dilakukan, jangan ditunda-tunda. Kalau di rumah bisa menyapu, mengepel, atau mencuci kendaraan. Paling tidak aktivitas itu dulu," ujarnya saat dihubungi detikHealth, Kamis (13/7/2017).

Baca juga: Jujur-jujuran Yuk, Jalan 10 Ribu Langkah Sehari Susah Apa Gampang?

Kemudian dr Michael meminta untuk menghitung berapa langkah yang kita lakukan setiap harinya, untuk mempermudah bisa menggunakan activity tracker yang kini cukup populer disematkan dalam smartwatch.

"Bergerak dengan porsi terukur, teratur, dan berkesinambungan," imbuh dr Michael.

Untuk hari berikutnya, kamu bisa meningkatkan jumlah langkah dengan membuat target di atas angka yang sudah terukur. Misalnya, mulai dari 2500, kemudian ditingkatkan menjadi 5.000 langkah. Dan berlanjut hingga mencapai target maksimal yaitu 10 ribu langkah per hari.

Menurut dr Michael, mencapai angka 10 ribu langkah per hari akan memberikan sebuah 'reward' kepada diri sendiri. Itu merupakan sebuah kebanggaan besar, selain berkontribusi menurunkan tingkat kemalasan juga mendapatkan tubuh yang bugar.

"Sesuatu yang belum kita dapatkan bisa menjadi obsesi untuk didapatkan di masa mendatang," pungkasnya.

Baca juga: Yuk Ubah Mindset Biar Nggak Dicap Negara Paling 'Malas' Jalan Kaki

(wdw/up)