Selasa, 25 Jul 2017 11:12 WIB

Benarkah Sering Dicabut Bikin Bulu Hidung Makin Lebat?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Tak hanya mencabut bulu kaki yang membuatnya tumbuh lebih lebat, ternyata bulu hidung juga bisa makin lebat ketika dicabut secara sering. Hal ini diungkapkan oleh dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari D&I Skin Center Denpasar, saat dihubungi detikHealth via telepon, baru-baru ini.

Dituturkan olehnya, sering mencabut bulu pada hidung akan menyebabkan peradangan dalam hidung. Pembuluh darah meningkat sehingga ketika bulu kembali tumbuh menjadi jauh lebih lebat.

Namun bukan berarti hal ini baik untuk dilakukan secara menerus, sebab dengan mencabut bisa saja hidung mengalami infeksi akibat luka setelah bulu dicabut. Ketika luka, dikhawatirkan akan masuk kuman ke dalamnya.

Baca Juga: Sering Dicukur Rambut Tubuh Malah Makin Lebat, Benarkah?

Sementara menurut dr Eddy Karta, SpKK dari RS Cipto Mangunkusumo, anggapan kerap mencukur rambut atau bulu tubuh akan menyebabkannya lebih lebat belum terbukti secara ilmiah. Sebab ada kecenderungan rambut akan tumbuh semakin lama semakin tebal dan lebat di area-area tertentu, sesuai dengan semakin berkembangnya hormonal seseorang.

"Hal ini yang menyebabkan rambut tampak semakin lebat. Pencukuran itu dilakukan hanya untuk alasan kosmetik saja. Tidak ada alasan dari segi kesehatan," jelas dr Eddy.

Baca Juga: Film 'Bulu Hidung Lebat', Pesan Agar Manusia Tak Abaikan Polusi Udara

(up/up)