Rabu, 26 Jul 2017 17:37 WIB

Cemas Bau Badan Tercium Rekan Kerja? Jepang Punya Solusinya

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Sebuah perusahaan di Jepang menciptakan alat yang bisa mendeteksi apakah bau badan seseorang mengganggu orang lain atau tidak. (Foto: Ilustrasi/iStock) Sebuah perusahaan di Jepang menciptakan alat yang bisa mendeteksi apakah bau badan seseorang mengganggu orang lain atau tidak. (Foto: Ilustrasi/iStock)
Jakarta - Tidak semua orang menyadari jika tubuhnya mengeluarkan bau yang tidak sedap. Namun orang-orang di sekitar Anda mungkin juga enggan memberitahu Anda tentang hal ini.

Kini sebuah perusahaan di Jepang punya solusinya. Perusahaan yang dimaksud adalah Konica Minolta, yang dulunya dikenal sebagai produsen kamera dan printer terkemuka.

Menurut pihak Konica, produk mereka ini akan laku di pasaran karena pada dasarnya setiap orang peka akan berbagai aroma, apalagi yang tidak sedap.

Sejumlah studi juga menunjukkan bahwa etiket nomor satu yang menjadi perhatian di perkantoran Jepang adalah bau badan pekerjanya. Di sisi lain, banyak orang yang kesulitan untuk membicarakan bau badan rekan kerjanya.

Bahkan di Jepang sendiri, ada istilah untuk orang-orang yang 'mendzolimi' teman-teman sekantornya dengan bau badan, yaitu sumehara.
Cemas Bau Badan Tercium Rekan Kerja? Jepang Punya SolusinyaCara pemakaiannya sangat mudah. Tinggal ditempel ke bagian tubuh tertentu dan hasilnya akan dikirim ke aplikasi di ponsel. (Foto: The Guardian)

Baca juga: Deodoran untuk Buah Zakar Sedang Ngehits, Dokter Ingatkan Risiko Iritasi

"Kami melihat orang-orang ini punya masalah tetapi tidak ada yang punya solusinya," terang ketua tim inovasi dari Konica, Daisuke Koda kepada The Guardian.

Konica kemudian mengembangkan sebuah perangkat yang membantu Anda mengecek apakah bau badan Anda dapat mengganggu orang lain atau tidak. Namanya Kunkun Body, yang diambil dari kosakata bahasa Jepang yang berarti mengendus (sniff).

Alat ini dapat mendeteksi aroma di empat bagian tubuh yaitu dekat kepala, belakang telinga, di bawah ketiak dan di kaki.

Ketika dipergunakan, alat yang berbentuk mirip tape recorder dan bisa masuk saku ini terkoneksi dengan Bluetooth agar hasilnya bisa dikirimkan ke ponsel pintar. Aplikasi itu akan memberitahukan apakah bau badan Anda mengganggu orang lain atau tidak.

Namun untuk saat ini, Konica hanya akan menjualnya di Jepang saja dengan harga dipatok mulai 30.000 yen atau berkisar Rp 3,5 juta. Rencananya Kunkun Body ini akan dilempar ke pasaran pada akhir tahun ini.

Baca juga: Kalau Tubuh Beraroma Seperti Ini, Baiknya Lakukan Cek Kesehatan (lll/up)