Kamis, 03 Agu 2017 08:36 WIB

Rehabilitasi Pecandu Narkoba, Butuh Berapa Lama?

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Rehabilitasi perlu dilakukan oleh pecandu narkoba agar dapat memiliki kehidupan yang lebih produktif. Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Rehabilitasi perlu dilakukan oleh pecandu narkoba agar dapat memiliki kehidupan yang lebih produktif. Lantas, butuh waktu berapa lama untuk melakukan rehabilitasi?

Menurut psikologi klinis, Alexandra Gabriella MPsi Psi Cht, setiap orang memiliki waktu yang berbeda dalam menjalani rehabilitasi. Sebab untuk perawatan fisik dan mental memiliki waktu rehabilitasi yang berbeda.

Untuk fisik, waktu rehabilitasi dipengaruhi dari jenis narkoba yang digunakan. Sebab berbeda jenis maka, berbeda juga dampaknya ketergantungan pada tubuh.

"Efek narkoba sakaunya sih ada yang tiga hari hilang tapi ada juga sampai dua minggu atau sebulan. Itu tergantung berapa berat efek dari jenis narkobanya" ucap wanita yang akrab disapa Alexa ini kepada detikHealth baru-baru ini.

Baca juga: Masa Setelah Rehabilitasi Jadi Cobaan Terberat Pecandu Narkoba

Sedangkan untuk perawatan mental, menurut Alexa membutuhkan waktu sepanjang hidup. Pasalnya keinginan menggunakan narkoba juga bisa muncul sewaktu-waktu.

"Itu sejalan dengan hidup (rehabilitasi mental). Karena kalau tiba-tiba pasti di suatu sisi ingin balik lagi," sambung wanita yang praktik di Global Center Consulting Physchology ini.

Ia mencohtohkan seperti mantan perokok yang sedang penat sehingga berpikiran untuk merokok lagi agar mendapatkan rasa nyaman sesaat. Sehingga rehabilitasi bisa dianggap sebagai kunci dalam menahan atau mengontrol diri.

"Terkadang akan lebih sulit mengontrol mental dibanding fisik. Jadi sebaiknya perawatan dilakukan terus-menerus," pungkas Alexa.

Baca juga: Ini Dia Metode Rehabilitasi Narkoba Gaya Baru Ala Rumah Singgah PEKA

(wdw/up)