Sabtu, 05 Agu 2017 08:05 WIB

Ini Sebabnya Koyok Bisa Redakan Nyeri Otot

Aisyah Kamalia - detikHealth
Sensasi panas dari koyo dapat mengalahkan sinyal nyeri yang diterima otak. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Pegal-pegal dan nyeri bahu umumnya diatasi dengan menempelkan koyok di bagian yang sakit. Hal ini memang bukan untuk menyembuhkan rasa sakit namun bisa meredakan nyeri yang ada.

Menurut dr Iman Widya Aminoto, SpOT, dari Rumah Sakit Pondok Indah, saat ditemui detikHealth di kawasan Pakubuwono, Jakarta, baru-baru ini, nyeri pada otot bisa ditimbulkan dari berbagai hal. Nah, rasa sakit ini bisa diredakan menggunakan koyok.

Koyok pun ada beragam jenisnya, hanya saja koyok yang biasa digunakan orang banyak adalah koyok yang menimbulkan rasa panas. Rasa panas pada koyok ini yang akan membuat otak teralihkan dari rasa sakit.

Baca juga: Koyo Estrogen Bisa Jadi Terapi Terbaik untuk Kanker Prostat

"Di otak, gate untuk merasakan sakit itu cuma ada satu. Jadi ketika rasa panas masuk, rasa nyerinya ga bisa masuk. Sehingga, tubuh punya kesempatan untuk istirahat," terang dr Iman.

Selain itu, ada juga koyok yang mengandung analgetik yang berguna sebagai anti peradangan. Sehingga, dengan memakai koyok bisa membuat obat tersebut menyerap dan menghilangkan rasa nyeri sejenak.

Untuk kasus nyeri otot karena idiopathic (tidak diketahui penyebabnya), biasanya koyok akan sangat membantu meredakan sakit. Sebab, idiopathic memungkinkan pasiennya sembuh dengan sendirinya. Namun, jika nyeri tidak hilang hingga tiga hari ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk dicari tahu penyebabnya

Baca juga: Ada Koyo Alternatif untuk Kemoterapi Kanker Payudara Bikinan Unair Lho (up/up)