Kamis, 17 Agu 2017 12:20 WIB

Olahraga Unik Khas 17-an

Pesan Dokter Soal Lomba Makan Kerupuk Saat 17-an

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Walau cuma untuk fun, kebersihan juga harus selalu dijaga (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta - Banyak perlombaan yang diadakan untuk memperingati hari kemerdekaan, salah satunya lomba makan kerupuk. Lantas, bagaimana tanggapan dokter pencernaan mengenai hal ini?

"Kan ini (lomba makan kerupuk) celebrating buat fun tapi masalah kesehatan dan kebersihan tetap harus diperhatikan," kata dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, FINASIM kepada detikHealth baru-baru ini.

Lebih lanjut ia mengatakan, menyoal mengonsumsi kerupuk ia nilai tidak ada masalah. Sebab pada prinsipnya ketika lomba kerupuk hanya akan dikonsumsi satu kali.

Selain itu, ia juga menilai bahwa kerupuk merupakan makanan sehat sehingga dapat dikonsumsi oleh siapa saja. Dibandingkan dengan mengonsumsi gorengan yang tidak baik bagi kesehatan.

Lomba makan kerupuk sangat populer di momen 17-anLomba makan kerupuk sangat populer di momen 17-an Foto: Arbi Anugrah


Baca juga: BPOM: Kerupuk Seperti Uceng Kalau Dibakar Pasti Menyala

"Kalau kerupuk sih nggak masalah. Apalagi satu kali aja kan kalau lomba makannya. Kalau gorengan baru bermasalah," sambung dr Ari.

Ia juga mengingatkan untuk menggunakan kerupuk yang tidak menggunakan zat pewarna, artinya putih. Sehingga kerupuk lebih aman dikonsumsi saat lomba.

"Prinsipnya tetap harus jaga kebersihan dan kesehatan kalau mau ikut lomba," pungkasnya.

Siapa yang paling cepat menghabiskan kerupuk, dialah pemenangnyaSiapa yang paling cepat menghabiskan kerupuk, dialah pemenangnya Foto: Arbi Anugrah


Baca juga: Polisi Bakar Kerupuk, Versi Terbaru Hoax Plastik dalam Makanan

(up/up)