Jumat, 25 Agu 2017 10:06 WIB

Kapalan di Kaki Bikin Sakit? Begini Cara Atasinya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengatasi kapalan. Foto: Thinkstock
Jakarta - Kapalan adalah penebalan atau pengerasan kulit akibat tekanan dan gesekan yang berlebihan. Karenanya, kapalan sendiri sebenarnya adalah respon tubuh untuk melindungi kaki. Tapi, kapalan seringkali buat orang kesulitan untuk beraktivitas.

Dikutip dari berbagai sumber, ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk usir kapalan pergi. Kaki sehat, aktivitas pun bisa kembali normal. Selamat mencoba!

1. Ganti sepatu

Terkadang sepatu yang terlalu menekan kaki bisa membuat kaki beradaptasi dengan membentuk kulit yang tebal atau callus. Jika ingin menyembuhkannya, jangan gunakan sepatu yang sama sebab luka atau gesekan tersebut tidak kunjung sembuh. Ganti dengan alas kaki yang berbusa bisa jadi solusi.

Baca juga: 8 Penyebab Kulit Telapak Kaki Kering Ekstrem dan Pecah-pecah (2)

2. Rendam air hangat

Dengan merendamnya di air hangat selama 10 menit akan membantu kapalan di kaki lebih mudah digerus. Gosok menggunakan batu apung atau sikat khusus lainnya. Lakukan secara berulang, namun pastikan tidak sampai menggosok hingga lapisan kulit bawah.

3. Oleskan antiseptik

Setelah merendamnya, oleskan antiseptik untuk menekan risiko infeksi setelah digosok. Jika ada kulit yang terluka, sebaiknya balut luka dengan perban atau plester.

4. Gunakan pelembab

Pelembab berguna untuk membuat kulit yang kapalan menjadi lebih kenyal. Selain itu, penggunaannya bisa mencegah adanya kapalan berulang. Jadi, jangan malas-malas ya menggunakan pelembab.

Baca juga: Telapak Kaki Pecah-pecah dan Tak Kunjung Sembuh, Hati-hati Infeksi Jamur


5. Jangan memotongnya sendiri

Area kulit sangat sensitif, dengan memotong sendiri menggunakan silet misalnya, khawatir akan menimbulkan luka dan memicu adanya infeksi. Terlebih jika Anda memiliki penyakit diabetes. Sebaiknya minta bantuan dokter untuk membuangnya. (wdw/up)