Sabtu, 26 Agu 2017 11:17 WIB

Punya Kondisi OCD, Wanita Ini Bisa Keramas 72 Kali Setiap Hari

Aisyah Kamalia - detikHealth
Gangguan kecemasan OCD membuat Serin kerap melakukan hal-hal berulang. (Foto: Facebook/Serin Rayner-Davies)
Jakarta - Serin Rayner-Davies dari Somerset, Inggris mengaku setiap harinya harus mencuci rambutnya hingga 72 kali setiap hari. Ini disebabkan oleh kondisi Obsessive Compulsive Disorder (OCD) yang ia akui dimilikinya sejak umur 7 tahun.

OCD sendiri merupakan jenis gangguan kecemasan di mana seseorang memiliki pikiran dan ketakutan yang tidak masuk akal (obsesi). Dampaknya ia bisa melakukan sesuatu secara berulang-ulang sampai terasa 'sempurna'.

Dikutip Body & Souls, Jumat (25/8/2017), Serin menceritakan akibat OCD yang diidapnya, sejak kecil ia sudah merasa kesulitan karena terus merasa was-was dengan segala hal yang ia lakukan. Bahkan untuk keluar dari rumah pun butuh waktu yang lama karena ketakutan yang ia percaya.

"Ketika saya berusia sekitar tujuh tahun, kami membutuhkan waktu lama untuk meninggalkan rumah karena saya akan masuk dan keluar dari ambang pintu dan saya sangat khawatir orang tua saya akan meninggal jika saya tidak masuk dan keluar dari pintu ini," katanya.

Baca juga: Kena Gangguan Obsesif Kompulsif atau Tidak? Cek Gejalanya di Sini

Semakin beranjak dewasa, ketakutannya semakin menjadi-jadi. Serin bisa mencuci tangannya hingga 200 kali, mencuci rambut sebanyak 72 kali dan mencuci bajunya sebanyak 15 kali setiap harinya.

Untungnya, Serin yang kini sudah menikah mendapatkan dukungan dari orang tuanya terutama sang ayah Denys Rayner.

"Rasanya seperti hidup di neraka," ujar Rayner menggambarkan apa yang putrinya alami.

Namun, Serin beruntung. Sebab, tak hanya ayahnya yang mengerti kondisinya namun ada juga seorang pria yang selalu membantunya dalam mengatasi OCD. Pria itu kini telah menjadi suaminya.

OCD biasanya sulit untuk disembuhkan dan seorang pasien bisa membutuhkan pengobatan sepanjang hidup. Pengobatan OCD yang ada saat ini hanya membantu pasien mengendalikan gejala sehingga mereka tidak terganggu kehidupan sehari-harinya.

Dua perawatan utama untuk OCD antara lain psikoterapi dan obat.

Baca juga: Gangguan Obsesif Kompulsif yang Diidap Malah Mendatangkan Uang bagi Mei (fds/fds)