Rabu, 30 Agu 2017 18:35 WIB

Dilahirkan di Dalam Mobil, Bayi Ini Keluar dengan Kantung Ketuban

Erika Kurnia - detikHealth
Seorang wanita melahirkan bayi 11 minggu lebih awal daripada waktu normal. Yang mengejutkan lagi, keluar dengan kantung ketuban! Foto: Thinkstock Seorang wanita melahirkan bayi 11 minggu lebih awal daripada waktu normal. Yang mengejutkan lagi, keluar dengan kantung ketuban! Foto: Thinkstock
Jakarta - Air ketuban pecah adalah fase yang biasanya dilalui ibu hamil sebelum benar-benar melahirkan. Namun, dalam peristiwa langka, janin dapat keluar bersama kantung ketubannya. Ini seperti yang belum lama dialami seorang ibu yang terpaksa melahirkan bayinya di dalam mobil.

Melalui media sosial Instagramnya, wanita bernama Raelin Scurry tersebut menceritakan pengalamannya. Menurut kisahnya, tanggal 5 Agustus lalu, ia yang tengah mengandung anak kedua dalam usia kandungan 29 minggu tiba-tiba merasakan kontraksi yang konsisten.

"Aku mengira itu hanya kontraksi Braxton Hicks (kontraksi yang biasanya terjadi di tengah kehamilan) dan tidak terlalu khawatir. Namun setelah 45 menit kontraksi semakin intens, aku memutuskan untuk pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan diri," tulisnya dalam keterangan foto yang diposting 25 Agustus lalu.

Ia pun segera membawa baju-bajunya dan mengajak anak serta pasangannya Ean untuk meninggalkan rumah. Dengan mobil mereka melaju menuju rumah sakit, dan benar saja, kontraksi yang dirasakan Raelin semakin menjadi.

"Kontraksi yang aku rasakan semakin intens dan saat itu juga aku tahu sudah saatnya untuk melahirkan. Aku bahkan sampai menelepon 911 karena sangat ketakutan. Sayang mereka tidak bisa membedakan jeritan dengan kontraksi. Jadi aku menyerahkan telepon ke tunanganku," lanjutnya.

Baca juga: Begini Momen Saat Suami Bantu Istrinya Melahirkan di Mobil

Dalam perjuangannya melalui kontraksi parah sebelum melahirkan, Raelin sempat menarik celananya ketika kepala bayinya sudah terlihat. Ia sempat mengedan sekali dan secara ajaib bayinya keluar dengan kondisi masih terbungkus kantung amnion atau ketuban.

"Suami saya tetap mencoba untuk mengemudi dengan tenang. Bayi yang sudah terlanjur keluar tidak bergerak sama sekali, tapi saya berdoa semoga dia baik-baik saja. Kemudian aku mengusap mukanya dengan jempolku dan dia menarik kedua tangan dan kakinya ke wajahnya seolah dia mengerti doaku dan ingin meyakinkan kami bahwa dia baik-baik saja," kisahnya.

Baca juga: Naik Uber ke Rumah Sakit, Wanita Ini Malah Melahirkan di Mobil

Ketika akhirnya sampai di rumah sakit, para petugas kesehatan segera berlari untuk membantu sang ibu dan membuka kantung ketuban agar sang bayi dapat bernafas. Bayi lucu Scurry ini terlahir dengan bobot 1,38 kg, namun ia mampu bertahan.

"Dia berhasil melalui ini. Aku yakin dia akan menjadi pria kecil yang mengagumkan!" tutupnya.

Kisah yang ia tulis dalam akun @raeee_nacoal23 bersama foto fenomenal tersebut pun mendapat lebih dari 5.000 likes dan banyak komentar penuh suka dari para netizen.

"Sungguh luar biasa, sejauh ini cerita paling keren yang pernah saya dengar! Selamat atas kelahiran bayinya, semoga dia segera pulang!" komentar @outeloveoffashion1993.

"Ada yang bilang bayi yang lahir seperti ini akan jadi paranormal," komentar yang lainnya.

Baca juga: Wow! Para Bidan Ini Tawarkan Pelatihan Melahirkan di Mobil
(up/up)