Selasa, 05 Sep 2017 15:44 WIB

Ini yang Sebenarnya Terjadi Saat Melihat Hantu

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Coba pastikan, kamu benar lihat hantu atau karena sedang mengalami hal ini? Foto: TrulyExperiences
Jakarta - Tiap insan memiliki rasa takutnya terhadap hal-hal tertentu seperti misalnya pada gelap, ruangan sempit, atau yang paling sering takut dengan hantu. Tak dipungkiri, melihat sesuatu yang hal gaib tentu bisa membuat jantung melonjak kaget. Tapi apakah yang Anda lihat benar-benar hantu?

Mungkin saja. Namun, ada penjelasan beberapa ilmuan mengenai fenomena di mana seseorang merasa melihat, merasakan, atau bahkan menyentuh hal-hal yang seperti itu.

Dilansir dari The Sun, Selasa (5/9/2017), hal tersebut dikenal dengan sebutan 'sensed presence' atau merasakan kehadiran. Berdasarkan penelitian, pengalaman tersebut biasanya dialami ketika berada di ruangan yang bertemperatur rendah dan sedang dalam tekanan stres.

Selain itu, studi di tahun 2006 dari Olaf Blanke yang dipublikasikan di Nature International Weekly Journal of Science, menyebutkan bahwa fenomena melihat hantu bisa dikarenakan tingginya kadar karbon monoksida yang masuk ke otak.

Baca juga: Remaja Gampang Halusinasi Jika Kurang Vitamin D

Anda tentu tidak akan menyadari adanya karbon monoksida yang masuk ke dalam tubuh sebab wujudnya yang gas pastinya membuatnya tidak kasat mata. Tanda-tandanya adalah apabila Anda merasa pusing, lelah, mual dan diikuti dengan halusinasi, salah satunya melihat sesuatu dengan wujud tertentu.

"Keracunan karbon monoksida dapat menyebabkan segala macam halusinasi- audio, visual, merasakan hal-hal aneh pada kulit mereka saat tidak ada apa-apa di sana," terang ahli toksikologi Albert Donnay dari Johns Hopkins Medicine.

Hal yang gaib bisa saja ada dan mengganggu Anda, tapi jika Anda merasa melihat hantu sebaiknya tanyakan lagi pada diri Anda. Yang Anda lihat benar-benar hantu atau bukan?

Baca juga: Merasa Melihat Hantu? Mungkin Gangguan Ini Penyebabnya (ajg/up)