Bakar 500 Kalori Dalam Satu Jam dengan Latihan Pound Fit

ADVERTISEMENT

Bakar 500 Kalori Dalam Satu Jam dengan Latihan Pound Fit

Erika Kurnia - detikHealth
Sabtu, 09 Sep 2017 13:06 WIB
Jika kurangi lemak menjadi motivasi Anda untuk berolahraga, latihan Pound Fit bisa membakar 500 kalori dalam 1 jam. Foto: Erika Kurnia/detikHealth
Jakarta - Jika mengurangi timbunan lemak di tubuh menjadi motivasi Anda untuk berolahraga, Anda mungkin tertarik untuk mencoba latihan baru yang bisa membantu membakar banyak energi dalam waktu singkat. Latihan Pound Fit bisa jadi rekomendasi yang bagus untuk Anda.

Latihan yang baru masuk ke Indonesia dua tahu belakangan ini diadopsi dari Amerika Serikat. Pound Fit menggabungkan rangkaian gerakan yoga dan pilates, seperti squats, lunges, jumps, twists, forward bends, dan stretches. Yang menjadi ciri khas dari Pound Fit adalah penggunaan Ripstix atau semacam stik drum untuk alat latihan.

"Pound ini unik karena kita pakai stik untuk melakukan gerakan menggebuk sebagai latihan kardionya, seperti main drum. Ini memadukan pilates yang kebanyakan point dan yoga yang flex," jelas Rima Melati Adams, instruktur Pound Fit untuk Carport Jakarta, kepada detikHealth, Sabtu (9/9/2017).

Baca juga: Tampak Sepele, Skipping Efektif Turunkan Berat Badan

Dalam kelasnya, Rima mengajar selama sekitar 75 menit yang diawali yoga 30 menit, Pound 30 menit, dan pendinginan 15 menit. Jika sesi Pound dilakukan dengan maksimal, menurut Rima, 500-900 kalori dapat dibakar dengan durasi latihan 30-45 menit.

Pound Fit bisa membakar 500 kalori dan efektif menurunkan lemak tubuh.Pound Fit bisa membakar 500 kalori dan efektif menurunkan lemak tubuh. Foto: Erika Kurnia/detikHealth


"Durasi pound sendiri itu bisa 30-45 menit. Kalau dilakukan secara maksimal, latihan ini bisa membakar 500-900 kalori. Jadi itu satu kelebihan berlatih pound," katanya.

Kelebihan lain mengikuti latihan Pound, menurut wanita yang mengenal latihan ini sejak empat tahun lalu, adalah bisa dilakukan oleh siapa saja dan menyenangkan.

"Pound ini bisa diikuti baik laki maupun perempuan, dari berbagai usia dan kondisi. Latihan ini bisa dimodifikasi, bahkan untuk mereka yang pakai kursi roda. Selain itu, 'it's just fun'! Latihan pakai musik yang 'ngebeat'. Asik kalau dilakukan bersama komunitas," seru Rima.

Baca juga: Keringat Banyak Saat Olahraga Tanda Bakar Lemak? (mrs/mrs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT