Senin, 11 Sep 2017 20:06 WIB

Habis Operasi, Batu Ginjal Seberat 770 Gram Terbentuk di Tubuh Pria Ini

Firdaus Anwar - detikHealth
Setelah operasi, di perut laki-laki terbentuk batu ginjal seberat 770 gram. Foto: Thinkstock
Jakarta - Batu ginjal adalah kristalisasi dari mineral yang terkandung di dalam urine. Bila ukurannya cukup kecil, batu ginjal sebetulnya dapat keluar dengan sendiri dan tidak akan menimbulkan masalah. Namun bila batu berukuran besar, ia dapat tersangkut pada saluran kemih memicu rasa nyeri yang luar biasa.

Nah berkaitan dengan hal tersebut satu pria berusia 64 tahun di California punya kisah tak biasa. Entah bagaimana di dalam tubuhnya bisa tersimpan batu ginjal raksasa seberat 770 gram. Dokter yang menangani kasus ini mendeskripsikannya seperti telur burung unta.

Baca juga: 5 Langkah Sederhana Hindari Batu Ginjal

Sang pria sendiri diketahui pergi menemui dokter hanya karena mengeluh merasa sakit perut selama tiga hari berturut-turut.

Lebih dari 10 tahun lalu, sang pria memang memiliki riwayat pernah dioperasi kandung kemih karena kanker dan dibuatkan yang baru dari bagian usus. Menurut dokter kandung kemih barunya yang disebut neobladder ini lebih berisiko untuk menimbulkan batu ginjal.

"Pemeriksaan tomografi pada bagian perut kiri dan panggul menunjukkan ada batu di ureter kiri dan batu yang sangat besar di neobladder," tulis dokter dalam laporan di The New England Journal of Medicine dan dikutip Senin (12/9/2017).

Batu ginjal yang menimbulkan keluhan dapat menjadi sumber masalah untuk komplikasi seperti misalnya kerusakan pada ginjal. dr Ginova Nainggolan, SpD-KGH, dari RS Cipto Mangunkusumo mengatakan oleh karena itu penting bagi seseorang untuk menjaga kesehatan dengan rajin minum air putih dan periksa medis rutin.

Sementara pada kasus pasien pria dengan batu ginjal raksasa, dirinya berhasil pulih setelah dokter menggunakan laser untuk memecah-mecah batu dan mengeluarkannya perlahan.

Baca juga: Ada Batu Ginjal, Tidak Semuanya Perlu Tindakan Medis Aktif

(fds/wdw)