Senin, 02 Okt 2017 08:45 WIB

Ini yang Perlu Dilakukan Suami Istri untuk Menjaga Kemesraan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Tips dari psikolog agar hubungan suami istri tetap mesra/Foto: ilustrasi/thinkstock Tips dari psikolog agar hubungan suami istri tetap mesra/Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Jika sudah berumah tangga, terlebih sudah cukup lama menikah bahkan telah memiliki buah hati, terkadang romantisme suami istri kian diuji. Nah, jika kemesraan yang pernah ada mulai berkurang, psikolog memberikan sarannya. Seperti apa?

Menurut psikolog klinis dewasa dari Tiga Generasi Sri Juwita Kusumawarhdani MPsi, seharusnya menjaga kemesraan sebelum menikah jauh lebih mudah dibanding sesudah menikah. Karena biasanya di tahap ini, semuanya terlihat manis alias indah dan baik-baik saja.

"Justru yang perlu diingat adalah bagaimana terbuka kepada pasangan dan mengetahui potensi konflik agar dapat memiliki antisipasi hal-hal yang dapat dilakukan setelah menikah," ujar pemilik akun Instagram @ladywitts kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ragu Jelang Pernikahan? Begini Saran Psikolog

"Jangan sampai muncul banyak kekecewaan setelah menikah, karena baru keluar 'aslinya' yang ditahan-tahan dalam bentuk manis saat pacaran," lanjutnya lagi.

Meski sudah menikah, imbuh Wita, tetap lakukan hal-hal manis yang dulu pernah dilakukan ketika pacaran. Beri juga apresiasi pasangan saat mereka membantu atau memberi hadiah. Selain itu tetap ungkapkan perasaan sayang dan cinta secara langsung pada pasangan.

"Luangkan waktu untuk kencan bersama pasangan, bahkan setelah punya anak," tambah Wita.

Baca juga: Menghindari Konflik Menjelang Pernikahan (hrn/up)
News Feed